Ini Makanan Pencegah Kanker Paru-paru

06.14.00

Kanker paru-paru adalah suatu kondisi dimana sel-sel kanker berkembang menjadi tumor di paru-paru. Kanker paru-paru bisa mengakibatkan kegagalan organ, bahkan hingga menyebabkan kematian.
Kondisi ini sebagian besar memang berhubungan dengan perokok. Namun non-perokok juga memiliki risiko terserang penyakit ini.
Ada dua klasifikasi kanker paru-paru, yaitu kanker paru-paru primer dan kanker paru-paru sekunder. Kanker paru-paru primer bermula dari paru-paru, sedangkan kanker paru-paru sekunder berasal dari bagian lain tubuh, dan pada akhirnya mencapai paru-paru.
Beberapa gejala yang paling umum dari kanker paru-paru di antaranya batuk intens disertai darah, nyeri dada, mengi, sulit bernapas, darah di dahak, penurunan berat badan, infeksi saluran pernapasan, dan sebagainya.
Berikut ini daftar makanan yang harus Anda konsumsi secara teratur untuk mencegah kanker paru-paru secara efektif, dikutip dari Boldsky.
1. Kembang kol.
Kembang kol adalah sayuran cruciferous yang kaya akan senyawa yang disebut indole-3-carbinol, yang diketahui ampuh untuk menghilangkan karsinogen dari tubuh, yang menyebabkan kanker paru-paru.
2. Jeruk.
Jeruk adalah buah yang dikenal bisa mencegah kanker paru-paru karena kaya akan vitamin C dan beta-cryptoxanthin, yang dapat mengeluarkan racun dari paru-paru untuk mencegah kanker, terutama jika Anda seorang perokok.
3. Brokoli.
Brokoli kaya akan antioksidan dan indole-3-carbinol. Mulai sekarang, masukkan brokoli dalam menu diet Anda jika ingin menghindari kanker.
4. Pepaya.
Pepaya kaya akan vitamin A dan C, juga beta-cryptoxanthin, yang memiliki kemampuan melindungi paru-paru dari sel-sel kanker.
5. Kedelai.
Kedelai dan produk olahannya dapat membantu mencegah kanker paru-paru, karena dapat menjaga kadar estrogen dalam tubuh secara teratur dan sehat.
6. Ikan.
Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E. Makanan bergizi yang menyehatkan ini dapat membantu membuang racun dari paru-paru untuk mencegah kanker.
7. Bayam.
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan folat dan vitamin B. Senyawa ini bekerja sama dalam menurunkan risiko kanker paru-paru, termasuk untuk para perokok.

0 komentar