Konsumsi Bir Bisa Menghindari Anda dari Penurunan Daya Ingat?

04.59.00

TAHUKAH Anda bahwa di dunia ini terdapat sebuah penyakit menakutkan yang dapat menghapuskan memori seseorang ketika menginjak usia tua? Di dunia kedokteran, penyakit ini dikenal dengan sebutan dementia atau daya ingat yang menurun.
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pemerintah Jepang, pada 2012, setidaknya 4,6 juta penduduk di negara tersebut diketahui mengidap dementia. Sementara itu, 70 persen di antaranya disinyalir menderita penyaki Alzheimer.
Meski populasi penduduk Jepang terus bertambah, belum terlihat tanda-tanda penurunan penyakit tersebut. Oleh karenanya, salah satu perusahaan bir ternama asal Jepang, Kirin, sepakat menjalin kerjasama dengan Tokyo University dan Gakushuin University. Mereka berusaha menemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan penyakit menakutkan itu.
Para peneliti menemukan bahwa, kandungan asam iso-alpha yang tercipta pada saat membuat bir, ternyata mampu melindungi sel-sel otak dari serangan asam amino yang menyebabkan alzheimer.

Fakta mengejutkan ini diketahui setelah dilakukan sebuah uji coba, dengan cara memberikan makanan yang mengandung asam iso-alpha kepada seekor tikus. Dampaknya pun cukup signifikan. Kandungan amyloid beta pada sistem tubuh tikus itu dapat di redam hingga 50 persen. Selain itu, fungsi kognitif pada hewan tersebut pun berfungsi lebih baik. Dilansir dari Rocketnews 24, Selasa (29/11/2016).

0 komentar