7 Tips Membuat Hubungan Baik dengan Rekan Kerja


Tugas utama seorang karyawan memang bekerja, tapi sebagian dari kita lupa untuk menjaga komunikasi antar sesama rekan kerja. Padahal, hal tersebut merupakan kebutuhan agar terus termotivasi dan mengenal satu sama lain. Bila Anda tidak kenal bagaimana rekan kerja ingin senang dengan Anda? Tips berikut dapat membuat Anda disenangi rekan kerja:
1. Beri sapaan pada rekan kerja sebelum memulai pekerjaan
Agar menjadi karyawan yang menyenangkan, berilah sapaan minimal satu kali sebelum memulai pekerjaan pada rekan kerjamu. Kalau kamu bukan orang yang terbiasa menyapa duluan, kamu bisa memberi senyuman, dengan begitu kamu akan lebih berani menyapa mereka di kemudian hari.
2. Sempatkan waktu untuk mengobrol di waktu istirahat
Anda bisa mengobrol dengan rekan kerja Anda di waktu istirahat atau saat jam makan siang. Manfaatkan jam makan siang ini untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja, siapa tahu darinya Anda dapat ide-ide inovatif yang bisa dikembangkan di pekerjaan.
3. Sering mengucapkan kata “Tolong”, “Maaf”, dan “Terima Kasih”
Walau terdengar sepele, ucapan “terima kasih” dan “tolong” mempunyai dampak yang besar. Dengan sering mengucapkan tiga kalimat tersebut, kamu akan lebih mengapresiasi dan menghargai apa yang rekan kerja Anda beri atau lakukan. Melalui ketiga kata ini juga, Anda akan dikenal sebagai pribadi yang rendah hati.
4. Peka terhadap lingkungan sekitar
Kebanyakan karyawan hanya memperhatikan diri sendiri dan lupa bahwa lingkungan sekitarnya sangat penting untuk diperhatikan. Seperti inisiatif mengerjakan tugas sebelum mendapat seruan dari atasan, atau ketika Anda melihat ada sesuatu yang salah di tempat kerjamu, jadikanlah diri Anda sebagai orang yang mencetus adanya perbaikan.
5. Saling menghormati dan menghargai
Anda bisa belajar untuk lebih menghormati agar dihormati, dan menghargai agar dihargai kembali. Karena hidup bukan hanya perkara diri Anda sendiri, tapi tentang “tabur tuai”, saat kamu berbuat baik, maka kebaikan yang akan kamu dapatkan.
6. Rajin dan semangat bekerja
Tunjukkanlah kerajinan dan semangatmu di tempat kerja. Karena semangat dapat menular seperti wabah. Jadi ketika Anda bersemangat, maka sekitar Anda akan menangkap energi positif tersebut. Hal lain yang bisa membuat Anda disenangi adalah perihal kerajinan, sesederhana rajin datang tepat waktu misalnya.
7. Selalu inovatif
Tuangkanlah ide kreatif Anda dalam pekerjaan dikantor dan ciptakan inovasi bagi perusahaan Anda. Bukan hanya rekan kerja saja yang menilai Anda baik tapi juga atasan Anda di tempat kerja. Dan dengan selalu berinovasi, bukan hanya perusahaan yang sedang kamu kembangkan, tapi juga dirimu sendiri.

0 komentar