Jumat, 23 Desember 2016

Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan Yang Perlu Diwaspadai

Kekurangan vitamin B kompleks sebenarnya berakibat yang sama bahayanya dengan akibat kekurangan vitamin lainnya. Oleh karena itu pastikan setiap orang memenuhi asupan vitamin dan nutrisi agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sebagian besar orang tentu saja sudah mengetahui apa saja bahaya bagi tubuh jika kita kekurangan vitamin. Namun sebagian juga masih belum mengetahuinya. Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.
Seperti yang kita ketahui, tubuh memelurkan berbagai jenis vitamin dan nutrisi agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan terjaga.  Vitamin sendiri merupakan senyawa yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar yaitu dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Selain vitamin A, D,  C, E, K tubuh juga membutuhkan vitamin B kompleks. Apa itu vitamin B kompleks? Dinamakan B kompleks karena vitamin ini terdiri dari beberapa macam. Mulai dari dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan juga B12.
Semua jenis vitamin B sifatnya dapat laurt di dalam air kecuali vitamin B12. Oleh karena itu jika tubuh kelebihan vitamin ini akan langsung dikeluarkan oleh tubuh.  Beberapa sumber vitamin B yang dapat Anda konsumsi antara lain kacang-kacangan, keju, dedak gandum, kuning telur, sayuran hijau dan masih banyak lagi.
Jika seseorang tercukupi asupan vitamin B nya, lantas bagaimana dengan seseorang yang kurang asupan vitamin B dan apa yang akan terjadi? Daripada penasaran, simaklah ulasan berikut ini.



Inilah Penyakit Akibat Kekurangan vitamin B Kompleks Bagi Kesehatan

Anemia
Yang pertama adalah anemia. Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B. Manfaat vitamin B terutama B3 berfungsi sebagai pemisah sel dan penolong perombakan pada karbohidrat. Sehingga seseorang yang kekurangan vitamin ini peredaran darahnya menjadi tidak lancar. Jika Anda mengalami hal ini pastikan untuk segera mengobatinya, karena menunda pengobatan penyakit tentu saja dapat memicu penyakit yang lebih serius lainnya.
Risiko Bayi Lahir Cacat
Akibat yang kedua adalah dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Wanita hamil, memang diharuskan untuk memenuhi asupan vitamin B, terutama vitamin B9 atau yang biasa disebut dengan asam folat. Asam folat yang Anda konsumsi sangat berguna untuk membantu perkembangan bayi agar lebih optimal.
Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat berdampak buruk pada kesehatan dirinya ataupun bayi yang dikandung. Dan bahkan kekurangan asam folat juga dapat meningkatkan risiko cacat lahir ataupun bayi lahir prematur.
Masalah Pada Kulit
Akibat selanjutnya adalah masalah pada kulit. Tak hanya pada kesehatan tubuh saja, vitamin B juga berkaitan sangat erat dengan masalah kulit. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka masalah pada kulit yang sering muncul adalah kulit menjadi kering dan bersisik, kulit pecah-pecah serta kulit pun akan menjadi mudah memar meskipun hanya digaruk.
Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi penampilan Anda. Selain itu, kurangnya asupan vitamin B juga dapat membuat wajah lebih sayu serta tak bergairah dan bersemangat. Oleh karena itu pastikan Anda memenuhi asupan vitamin ini dalam setiap harinya untuk menghindari masalah kulit serta masalah kesehatan lainnya.
Kebingungan dan Depresi
Akibat kekurangan vitamin B selanjutnya adalah dapat menyebabkan seseorang menjadi bingung dan depresi. Vitamin B juga memilki peranan dalam mengatur konsentrasi dan daya fokus seseorang. Sehingga seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B kompleks ini alan cenderung mengalami kebingungan dan kecemasan.
Katarak
Tak hanya akibat dari kekurangan vitamin A, kurangnya asupan vitamin B juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata. Vitamin B, terutama vitamin B2 berperan sebagai perangsang kemampuan saraf pada mata dan membuat oksidasi zat makanan menjadi lebih lancar.
 Agar mata tetap sehat dan terjaga, mulailah mengonsumsi vitamin B2. Vitamin tersebut dapat ditemukan diberbagai jenis sumber makanan, antara lain sayuran hijau, keju, telur, susu, hati dan jantung.
Sembelit
Selain serat, kekurangan vitamin ini terutama vitamin B9 juga dapat menyebabkan masalah pada pencernaan salah satunya yaitu sembelit dan konstipasi. Jika tidak segera ditangani sembelit tentu saja akan membuat perut penderitanya menjadi kembung, begah dan terasa tak nyaman. Oleh karena itu pastikan Anda memenuhi asupan vitamin B9 dan tentunya serat agar pencernaan lebih lancar dan sehat.
Kelelahan
Berikutnya adalah dapat menyebabkan kelelahan. Kekurangan vitamin ini dapat membuat penderitanya mengalami masalah pada bagian otot. biasanya otot tersebut akan menjadi lemah, sering terjadi kedutan dan bahkan terasa sakit. Hal ini pastinya akan menganggu aktivitas sehari-hari. Kekurangan vitamin ini juga dapat memicu rasa nyeri pada bagian persendian
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top