Minggu, 18 Desember 2016

BI Prediksi Ekonomi Tumbuh 4,9 Persen di Kuartal IV



Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV tahun 2016 akan ada di kisaran 4,9 persen. Prognosa ini lebih baik dari perkiraan BI sebelumnya, 4,8 persen, namun lebih rendah jika dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu, 5,04 persen.

“Pada perkiraan sebelumnya kami perkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV sekitar 4,8 persen tetapi sekarang pertumbuhan kuartal IV menurut perkiraan BI sudah bisa mendekati 5 persen, angkanya sekitar 4,9 sekian persenlah,” tutur Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityawasra saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Jumat (16/12).
Dengan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I, II, dan III masing-masing sebesar 4,91 persen, 5,18 persen, dan 5,02 persen maka pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan BI ada di kisaran 5 persen. Angka itu sesuai dengan perkiraan pemerintah yang disebutkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
“Tahun 2016 akan ditutup mungkin dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,0 persen. Itu memang lebih baik dari tahun lalu, tapi itu bukan suatu yang terbaik yang bisa kita lalui, kita masih bisa lebih baik lagi,” tutur Sri Mulyani beberapa waktu lalu.
Menurut Mirza, tidak tertutup kemungkinan pertumbuhan ekonomi kuartal IV akan lebih tinggi dari perkiraaan. Pasalnya, pada tiga bulan terakhir biasanya terjadi percepatan belanja pemerintah.
“Mudah-mudahan pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi dari itu. Pengeluaran Pemerintah kan biasanya memang numpuk di kuartal IV,” ujarnya.
Per akhir November lalu, realisasi belanja negara–termasuk transfer ke daerah- telah mencapai Rp1.638,1 triliun atau sekitar 78,6 persen dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016, Rp2.082,9 triliun. Pemerintah memperkirakan realisasi belanja hingga akhir tahun ada di kisaran 95 persen dari target APBNP.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top