Sabtu, 24 Desember 2016

Cara Bersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Bersihkan karang gigi sendiri di rumah merupakan hal penting yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Menurut beberapa peneliti menyebutkan jika karang gigi yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kanker mulut. Ini karena karang gigi mengandung banyak bakteri yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.
Dalam dunia medis, karang gigi disebut juga dengan plak gigi, yakni sejenis kotoran yang menempel pada gigi yang berasal dari sisa makanan yang melilit di gigi. Biasanya karang gigi disebabkan karena seseorang malas menggosok gigi, terutama setelah makan. Sisa makanan yang dibiarkan terus menerus akan mengeras dan berubah menjadi plak gigi. Plak tersebut akan menyebar ke ke seluruh bagian gigi dan dapat menimbulkan bau tidak sedap.
Sebenarnya cara bersihkan karang gigi ada berbagai macam, mulai dengan cara tradisional atau alami hingga dengan metode medis yang dapat dilakukan oleh dokter gigi. Kedua cara tersebut sebenarnya cukup efektif, namun untuk metode medis tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda dapat menggunakan cara alami yang lebih terjangkau dan aman. Dengan cara tradisional email pada gigi tidak akan rusak.



Tips Bersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara alami membersihkan karang gigi saat ini menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih terjangkau, cara alami ini juga cukup ampuh. Anda dapat membersihkan karang gigi sekaligus membuat mulut tetap sehat. Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui.
Sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur
Cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah dengan rutin menggosok gigi. Selain karang gigi, kesehatan mulut Anda juga akan tetap terjaga. Dengan menggosok gigi secara rutin sisa-sisa makanan tidak akan menumpuk pada gigi. Sebaiknya Anda menggosok gigi minimal dua kali sehari. Namun agar lebih maksimal, Anda dapat menggosok gigi setelah makan.
Menggunakan pasta gigi khusus
Bersihkan karang gigi dapat menggunakan pasta gigi khusus. Pasta gigi merupakan salah satu faktor yang menentukan bersih tidaknya gigi. Anda dapat memilih pasta gigi yang mengandung tartarcontrol atau fluroid. Kandungan zat tersebut mampu menghilangkan karang pada gigi secara efektif.
Kulit jeruk
Bahan alami yang satu ini mungkin cukup aneh untuk membersihkan gigi. Namun perlu Anda ketahui jika kulit jeruk tergolong ampuh untuk membersihkan plak gigi, khususnya plak gigi yang membandel. Caranya cukup mudah, Anda cukup menggosok kulit jeruk bagian dalam gigi Anda. Agar lebih efektif, Anda dapat melakukannya setelah makan. Cara ini juga cukup ampuh untukmenghilangkan bau mulut.
Stroberi
Buah stroberi merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C yang mampu membantu membersihkan karang gigi. Kandungan vitamin C tersebut mampu mengikis karang gigi dengan cepat. Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi buah stroberi agar kesehatan gigi tetap terjaga.
Biji asam kawak
Cara yang satu ini mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Biji asam kawak ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah menumbuk biji asam kawak hingga halus kemudian campurkan dengan air hangat. Gunakan campuran bahan tersebut sebagai pasta gigi alami. Anda dapat melakukannya secara rutin agar plak gigi cepat hilang.
Apel
Untuk bersihkan karang gigi dengan mudah Anda dapat menggunakan buah apel. Buah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jika biasanya Anda sering mendengar buah apel ini untuk diet, kini Ada dapat menggunakannya untuk mengatasi karang gigi. Buah apel mengandung zat yang mampu membersihkan sisa sisa gigi. Kandungan vitamin C pada apel juga baik untuk kesehatan kulit.
Bahan Alami di atas tentu tidak efektif jika Anda tidak melakukannya secara teratur. Untuk itu, Anda harus melakukannya secara rutin setiap hari. Selain itu Anda juga harus mengetahui beberap hal untuk mencegah timbulnya karang gigi. Berikut ulasannya.

Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi

  • Setelah makan Anda disarankan untuk benyka minu air putih. Ini berguna untuk mengurangi sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan menyebabkan karang gigi.
  • Berkumur setelah makan juga sangat efektif untuk mencegah timbulnya karang gigi. Selain itu, Anda juga dapat terindar dari bau mulut.
  • Mengurangi makanan yang mengandung gula serta tepung. Hal ini karena makanan tersebut cepat memicu timbulnya karang gigi.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top