Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Scalling ke Dokter

- 07.39.00
advertise here
Cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Perlu Anda ketahui jika menyikat gigi secara rutin tidak menjamin kebersihan di permukaan gigi sepenuhnya. Permukaan gigi memiliki lapisan kecil yang disebut dengan biofilm dimana terdapat banyak mikroorganisme baik dan jahat. Mikroorganisme tersebut akan bergabung dengan sisa-sisa makanan yang kemudian menimbulkan plak gigi.
Plak gigi atau karang gigi jika tidak dibersihkan maka lama kelamaan akan menyebabkan deposit mineral yang akhirnya dapat mengeras. Plak tersebut nantinya akan menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Sebenarnya karang tersebut terbentuk bukan karena deposit kotoran, namun juga karena terjadinya defisit air liur. Saliva atau air liur adalah elemen penting yang harus ada di dalam rongga mulut.
Air liur tersebut mampu bekerja sebagai self-cleansing, yang berguna untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang ada di permukaan gigi. Anda dapat menghilangkan karang gigi dengan cara scalling ke dokter. Namun perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ada cara alternatif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter sebenarnya tidak terlalu susah.



Beberapa Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara alami memang lebih disukai oleh banyak orang. Selain tidak membutuhkan biaya yang besar, cara alami untuk menghilangkan karang gigi juga memiliki manfaat lain, yakni membuat nafas menjadi segar. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
Baking Soda
Untuk menghilangkan karang gigi, Anda dapat memanfaatkan baking soda. Bubuk soda kue merupakan bahan pertama uang mampu menangani masalah karang gigi. Biasanya baking soda digunakan untuk membersihkan plak baru. Namun jika Anda rutin untuk melakukannya maka karang gigi Anda akan menghilang secara bertahap.
Cara menggunakannya adalah Anda tuangkan sedikit baking soda di wadah kemudian taburi sedikit garam dan beberapa tetes air. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Langkah selanjutnya Anda dapat berkumur terlebih dahulu menggunakan air biasa kemudian tempelkan pasa baking soda keseluruh permukaan gigi. Setelah itu sikat gigi Anda beberapa menit dan yang terakhir Anda berkumur untuk membersihkan mulut dari baking soda.
Tomat dan Stroberi
Cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter dapat Anda lakukan dengan menggunakan tomat dan stoberi. Makanan ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk membersihkan gigi secara alami. Mengonsumsi tomat dan stroberi secara rutin mampu meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan karang gigi.
Caranya adalah Anda dapat memilih salah satu dari buah tersebut. Lengkah pertama bersihkan mulut menggunakan air hangat. Kemudian gosokkan tomat ke permukaan gigi, terutama di bagian karang gigi. Diamkan kurang lebih 5 hingga 10 menit agar semua kandungan pada buah tersebut bekerja utuk melembutkan karang gigi. Setelah itu, Anda dapat berkumur menggunakan air hangat kembali yang Anda campur dengan baking soda.
Keju
Makanan yang satu ini mengandung protein yang cukup tinggi. Biasanya keju digunakan sebagai campuran makanan untuk sarapan pagi. Selain lebih praktis untuk diolah, keju juga salah satu makanan yang menyehatkan.
Perlu Anda ketahui jika keju juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Namun prosesnya tidak semudah yang Anda bayangkan. Keju tersebut bekerja untuk menetralkan asam di mulut yang dapat menyebabkan produksi plak. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumi keju secara rutin.
Minyak wijen
Minyak wijen memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan usus merawat kuit, menyehatkan rambut, dan memelihara kepadatan tulang. Namun Anda juga dapat menggunakan minyak wijen untuk menjaga kesehatan mulut, salah satunya adalah menghilangkan plak pada gigi.
Caranya cukup mudah, Anda dapat berkumur menggunakan minyak wijen secara rutin. Anda lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Metode ini mampu menurunkan jumlah bakteri yang menyebabkan timbulnya plak.
Getah Buah Sukun
Anda tentu tidak asing dengan buah sukun. Buah yang satu ini dapat Anda manfaatkan getahnya sebagai cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter. Getah buah sukun memang dipercaya sejak dulu untuk mengatasi berbagai permasalahan pada gigi.
Cara menggunakannya adalah degan mengoleskan getah buah sukun ke bagian karang gigi secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat agar getah tersebut bekerja, kemudian berkumur menggunakan air bersih.
Biji Asam Kawak
Bahan alami yang satu ini biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun selain itu, biji asam kawak juga memiliki manfaat untuk membersihkan karang gigi. Caranya membersihkannya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyangrai biji asam kawak kemudian tumbuk hingga halus. Hasil tumbukkan tersebut kemudian Anda gunakan untuk mengoleskan karang gigi. Agar lebih mudah Anda dapat menggunakan kapas. Diamkan beberapa saat dan sikat hingga bersih. Langkah terakhir adalah berkumur dengan air bersih.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search