Cara Paling Efektif Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

- 20.50.00
advertise here
Cara merawat wajah berminyak dan berjerawat merupakan salah satu hal yang sering ditanyakan oleh setiap orang, terutama bagi seorang wanita. Hal ini dikarenakan jerawat yang selalu saja muncul dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab jerawat di wajah adalah karena minyak yang berlebih? Umumnya minyak yang ada di kulit memiliki fungsi sebagai pelindung kulit dari debu dan polusi, menjaga keremajaan kulit serta dapat membuat kulit lebih kenyal. Akan tetapi produksi minyak yang berlebih justru dapat menjadi boomerang tersendiri.
Hal ini dikarenakan minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan jerawat dan komedo yang membandel. Tak hanya itu saja, kulit berminyak yang tak segera diatasi dapat membuat wajah terlihat kusam, mengkilap dan tak sehat. Lantas apa saja yang menyebabkan hal ini? Berikut ulasannya.



Penyebab Wajah Berminyak dan Berjerawat yang Perlu Diketahui
  • Sering Mengonsumsi Berlemak
Yang pertama adalah karena sering mengonsumsi makanan berlemak. Seperti yang kita ketahui makanan berlemak mengandung banyak lemak jahat yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya dapat menyebabkan timbunan lemak pada tubuh, mengonsumsi makanan berlemak juga dapat menyebabkan wajah berminyak dan tidak sehat.
  • Faktor Genetik
Wajah berminyak juga dapat disebabkan karena faktor genetik. Jika salah satu orang tua mengalami hal ini, maka tidak menutup kemungkinan jika anaknya akan mengalami hal yang sama. Umumnya hal ini tidak bisa dicegah namun bisa diatasi.
  • Salah Memilih Produk Kecantikan
Penyebab berikutnya adalah salah memilih produk kecantikan. Jika Anda memiliki wajah yang cukup berminyak sebaiknya hindari produk kecantikan yang berbasis minyak. Karena hal ini tentu saja dapat membuat wajah Anda lebih berminyak. Tak ada salahnya untuk menggunakan beberapa alami dalam mengatasinya.
Nah itulah beberapa hal yang mungkin saja dapat menyebabkan wajah berminyak. Setelah mengetahui penyebabnya, tentu saja cara mengatasi wajah berminyak cukuplah mudah. Salah satunya yaitu menghindari penyebab dari wajah berminyak tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat.

Kiat Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

Mencuci Wajah Teratur
Menjaga kebersihan wajah adalah hal utama untuk merawat wajah yang berminyak dan berjerawat. Hal ini dikarenakan dengan membersihkan wajah teratur tentu saja dapat menghindari minyak yang berlebih pada wajah. Cukup bersihkan 3 kali dalam sehari, karena membersihkan wajah secara berlebih dapat mengikis lapisan kulit wajah.
Pilihlah Toner yang Tepat
Disamping mencuci wajah secara teratur, penggunaan toner wajah juga sangat dianjurkan. Namun pastikan Anda memilih toner wajah khusus untuk wajah yang berminyak. Karena jika salah dalam memilih toner dapat membuat kulit Anda semakin berminyak. Tak hanya itu saja, jangan terlalu sering menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub. Sebaiknya gunakanlah seminggu sekali dan pastikan scrub yang Anda gunakan berbahan alami.
Gunakan Daun Seledri
Berikutnya adalah dengan menggunakan daun seledri. Seledri merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun tak hanya itu saja, kandungan vitamin A, B1, B2, C dalam daun seledri sangat baik untuk mengurangi minyak yang berlebih pada wajah serta kandungan L-tryptophan pada bahan alami ini juga merupakan antioksidan alami yang mampu menjaga keremajaan kulit wajah Anda. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu bersihkan dan potong-potong seledri lalu rebus dalam air mendidih. Setelah 15 menit gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah. Lakukan hal ini secara rutin agar hasil lebih maksimal.
Lakukan Eksfoliasi atau Pengangkatan Sel Kulit Mati
Melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati merupakan cara merawat wajah berminyak dan berjerawat yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan cara yang satu ini dapat menghilangkan sel kulit mati serta dapat merangsang regenerasi sel kulit yang baru. Perawatan wajah yang satu ini dapat Anda lakukan di klinik kecantikan ataupun di rumah dengan menggunakan beberapa bahan alami.
Untuk melakukan pengangkatan sel kulit mati di rumah caranya pun sangat mudah, Anda cukup menyediakan bahan-bahan alami seperti madu asli, gula pasir dan yoghurt. Caranya campurkan bahan-bahan tersebut lalu gosokkan pada kulit wajah secara perlahan. Namun jika wajah sedang berjerawat, sebaiknya Anda menghindari hal ini karena dapat membuat jerawat semakin parah dan meradang.
Menggunakan Masker Wajah Alami
Agar perawatan wajah yang Anda lakukan lebih maksimal, cobalah untuk menggunakan beberapa masker wajah alami yang dapat Anda buat sendiri. Beberapa bahan alami yang sebaiknya digunakan oleh pemilik wajah berminyak diantaranya yaitu jeruk nipis, jeruk lemonm madu, seledri dan juga mentimun. Jika sudah bosan dengan jenis masker tersebut, Anda bisa mencoba masker lumpur. Masker lumpur yang dicampur dengan minyak essensial memiliki khasiat untuk menyerap minyak yang berlebih pada wajah.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search