Jumat, 23 Desember 2016

Daftar Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk yang Perlu Diketahui

Penyebab badan kurus susah gemuk adalah hal yang harus diketahui oleh seseorang yang ingin menggemukkan badan. Sebab jika tidak mengetahui hal-hal tersebut tentu saja proses penggemukan tidak dapat berhasil. Nah bagi Anda yang ingin melakukan program penggemukan badan namun tak kunjung membuahkan hasil, simak saja beberapa penyebab badan menjadi kurus dan susah gemuk berikut ini.
Setiap orang baik pria dan wanita pastinya ingin memiliki badan yang ideal dan proporsional. Namun tak hanya orang gemuk saja yang sulit menurunkan berat badan untuk menjadi kurus, mereka yang memiliki tubuh kurus juga memiliki kekhawatiran tersendiri jika tidak bisa menaikkan berat badan. Tak hanya dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik, ketika berat badan rendah dan tidak ideal tubuh seringkali diikuti dengan kondisi badan yang tidak fit, seperti sering jatuh sakit dan lainnya.  
Menurut Spesialis gizi klinik dari FKUI RSCM, Dr dr Inge Permadhi seseorang yang memiliki tubuh kurus perlu khawatir dengan kondisi tertentu yang dapat membahayakan kesehatan, seperti penyakit hipertiroid. Mungkin beberapa orang masih berfikir badan yang susah gemuk dikarenakan cacingan. Hal ini juga bisa saja terjadi pada orang dewasa jika pola makannya tidak bersih. Namun tak hanya cacingan saja, ada banyak sekali fator yang menyebabkan tubuh seseorang sulit gemuk. Apa saja faktor penyebab tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.



Inilah Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk yang Perlu Diperhatikan

Faktor Genetik
Tidak bisa dipungkiri jika faktor genetik atau faktor keturunan, merupakan penyebab utama dari segala hal. Tak hanya penyakit saja,  tubuh kurus dari orang tua atau saudara juga dapat disebabkan oleh hal ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki keluarga bertubuh kurus mungkin saja Anda juga akan mengalami hal yang sama. Jika dibandingkan dengan faktor lainnya, faktor ini merupakan satu-satunya penyebab yang tidak mungkin dicegah.
Stres Berkepanjangan
Selain karena faktor genetik, stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan tubuh kurus dan susah gemuk. Sebab stres yang Anda alami tentu saja dapat mempengaruhi nafsu makan. Kebanyakan orang yang mengalami stres nafsu makannya akan terganggu sehingga hal ini akan memicu badan menjadi semakin kurus dan tidak berdaya.
Jika Anda memiliki masalah yang menjadi beban pikiran Anda, tak ada salahnya jika Anda menyelesaikannya dengan kepala dingin atau jika bingung, Anda bisa menceritakan masalah tersebut kepada keluarga untuk mencari jalan keluarnya.
Kekurangan Gizi dan Nutrisi
Penyebab selanjutnya adalah karena kekurangan asupan gizi dan nutrisi. Ketika tubuh kekurangan gizi dan nutrisi tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap berat badan yang kita memiliki. Sehingga tubuh akan terlihat menjadi kurus dan berat badan pun menurut drastis. Tak hanya itu saja, jika seseorang kekurangan asupan gizi, maka kesehatan yang dimilikinya pun ikut terancam.
Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi pastikan Anda memenuhi kedua asupan tersebut. Untuk membuat tubuh menjadi lebih gemuk, Anda bisa memperbanyak asupan protein dan kabohidrat kompleks. Seperti daging, telur, susu, ikan, beras merah, pasta dan lainnya.
Sering Begadang
Penyebab badan kurus susah gemuk berikutnya adalah sering begadang. Begadang dan kurang tidur di malam hari adalah hal yang sering dialami oleh setiap orang. Dan tahukah Anda bahwa hal ini merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi kurus dan tidak bisa segar di keesokan harinya.
Hal ini dikarenakan ketika seseorang sering begadang metabolisme tubuh tidak bisa berjalan dengan baik. Hal inilah yang dapat memicu seseorang mengalami penurunan berat badan. Tak hanya itu saja, begadang juga akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan yang Anda miliki. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk ini dan tidurlah di malam hari agar kualitas tidur Anda lebih baik. Pastinya tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar saat bangun di pagi hari.
Defisiensi Mineral
Kekurangan mineral atau defisiensi air mineral adalah faktor penyebab selanjutnya yang perlu diketahui. Tak hanya kulit saja yang akan menjadi kering dan bersisik, kekurangan air minum juga berdampak buruk bagi kesehatan dan berat badan Anda. Untuk mengatasi hal ini pastikan Anda minum air putih 2 liter atau setara dengan 8 gelas dalam setiap harinya. Air yang Anda minum juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.
Kecanduan Alkohol dan Obat-obatan Terlarang
Kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang juga dapat memicu hal ini. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda menghindari minum minuman keras dan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan pil ekstasi lainnya.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top