Senin, 26 Desember 2016

Faktor Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Faktor penyebab jerawat di punggung memang ada berbagai macam. Sama seperti dengan jerawat di wajah, umumnya jerawat disebabkan karena bakteri dan jamur. Perlu Anda ketahui jika munculnya jerawat tidak hanya di bagian wajah saja, melainkan di punggung, dada, dan bagian tubuh lainnya.
Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang sering membuat orang tidak nyaman. Keluhan munculnya jerawat di punggung cukup tinggi saat ini, bahkan seseorang yang memiliki wajah halus tanpa jerawat ternyata mengalami kondisi seperti ini juga, yakni muncul jerawat di bagian punggung. Munculnya jerawat di bagian punggung tentu mengganggu aktivitas dalam sehari-hari. Apalagi jika jerawat tersebut cukup parah, maka akan merasakan sakit saat terkena pakaian.
Untuk menghilangkan jerawat punggung sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai hal, namun sebelum Anda memahami lebih lanjut berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab jerawat di punggung.



Beberapa Faktor Penyebab Jerawat di Punggung

Walaupun bagian punggung dapat Anda tutupi dengan pakaian namun jerawat pada tubuh akan mengganggu Anda, untuk mencegahnya Anda perlu mengetahui beberapa penyebab berikut ini.
Keringat
Faktor pertama yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung adalah keringat. Keringat yang keluar dari tubuh dapat mengiritasi jerawat yang terdapat pada tubuh. Untuk itu sebagai cara meminimalkan terjadinya iritasi Anda harus menjaga tubuh Anda untuk tetap bersih. Sebagai contoh jika Anda telah melakukan olahraga dan berkeringat maka segeralah mandi. Selain itu hindari gesekkan pada kulit Anda dan Anda tidak disarankan untuk menggosok tubuh saat mandi, terutama pada bagian punggung. Yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan tubuh menggunakan sabun.
Pakaian
Faktor berikutnya adalah pakaian yang Anda gunakan, bisa terlalu ketat atau tidak bersih. Pakaian yang ketat tentu akan menimbulkan gesekan yang terjadi pada pakaian dan folikel. Jika terjadi peradagan maka akan menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Selain pakaian, orang yang sering menggunakan ransel juga dapat membuat jerawat punggung Anda semakin parah.
Jumlah Kelenjar Sebasea
Faktor penyebab jerawat di punggung yang selanjutnya adalah karena terdapat kandungan kelenjar sebasea yang cukup banyak. Kandungan kelenjar sebasea yang banyak di bagian punggung di banding daerah lain dapat mengakibatkan folikel yang menyebabkan kelebihan sabum serta kulit mati.
Penggunaan Kondisioner
Umumnya kondisioner digunakan sebagai perawatan rambut supaya rambut tetap sehat. Namun perlu Anda ketahui jika kondisioner mengandung silikon yang jika terpapar di permukaan kulit dapat menyebabkan jerawat. Untuk itu, jika Anda menggunakan kondisioner disarankan langsung membersihkannya menggunakan sabun supaya sisa kondisioner yang digunakan tidak terpapar ke bagian kulit.
Pemakaian Tas Ransel
Jika Anda sering menggunakan tas ransel maka Anda disarankan untuk mengurangi beban yang terlalu berat. Hal ini untuk menghindari keringat yang terjebak pada bagian tubuh dan tertutup oleh tas Anda. Anda juga disarankan untuk menghindari penggunaan tas ransel yang terlalu lama.
Pemakaian Pelembut serta Pewangi Pakaian
Faktor yang menyebabkan jerawat di punggung juga dapat terjadi karena penggunaan pelembut  serta pewangi pakaian yang terkadang kurang cocok dengan jenis kulit tertentu. Jika Kulit Anda merupakan kulit sensitif dan mudah berjerawat maka harus berhati-hati dalam menggunakan pewangi pakaian saat mencuci.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Punggung?

Untuk mengatasi jerawat yang muncul di punggung sebenarnya Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi jerawat di punggung.
Melakukan scub secara teratur
Scrub bertujuan untuk mengelupas sel kulit mati supaya tidak menutupi jerawat. Ini artinya jerawat akan mudah disembuhkan. Anda dapat melakukan scrub menggunakan butiran halus agar kulit Anda tidak terjadi iritasi. Setelah melakukan proses scrub, Anda dapat menggunakan lotion. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat yang belum meradang atau parah.
Menggunakan buah lemon
Buah yang satu ini mengandung vitamin, vitamin C, fosfor dan karbohidrat.  Kandungan tersebut mampu mengobati jerawat di bagian punggung serta menghilangkan flek hitam. Caranya cukup mudah, yakni dengan memeras 1 buah lemon dan campurkan sedikit air putih. Setelah itu oleskan perasan jeruk lemon menggunakan kapas ke bagian kulit yang berjerawat.
Kulit jeruk
Buah jeruk memiliki banyak manfaat untuk tubuh, ini karena jeruk merupakan sumber vitamin C tertinggi. Namun tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, Anda dapat menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat di punggung. Caranya adalah dengan merendam kulit jeruk kering ke dalam air kemudian haluskan menggunakan blender. Campurkan beberapa sendok susu dan oleskan pada bagian punggung yang berjerawat. Setelah itu Anda diamkan selama kurang lebih 20 menit. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air dingin.
Itulah beberapa faktor penyebab jerawat di punggung dan bagaimana cara mengatasinya.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top