Jumat, 30 Desember 2016

Harga Bahan Pokok di Batam Melambung Tinggi, Ini Penyebabnya



BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Harga bahan pokok melambung tinggi di Batam menjelang akhir tahun ini. Beberapa komoditi pasar mengalami kenaikan hampir 100 persen.
Di Pasar Mitra Raya, Batam Centre, harga cabai rawit dan bawang merah mengalami kenaikan hampir 100 persen.
"Ya seperti bawang merah dan cabai rawit memang naik tinggi, seperti cabai rawit yang dulunya dari harga Rp 40 ribu perkilo menjadi Rp 75 ribu dan bawang merah yang dari Rp 20 ribu menjadi Rp 32 ribu perkilonya," ujar Hertawati, salah satu pedagang di Pasar Mitra Raya, Selasa (27/12/2016).
Kenaikan ini disebabkan karena pasokan barang sedikit, memasuki penghujung tahun kargo yang mengangkut barang dialihkan untuk mengangkut penumpang.
"Barangnya sedikit makanya harganya jadi tinggi, jadi kargo yang bawa barang dialihkan membawa penumpang, makanya barang-barang dari Medan mahal, jadi untuk bawang merah kami ambil dari Brebes makanya mahal," kata Hertawati.
Namun, tidak semua bahan pokok mengalami kenaikan, seperti sayur mayur harganya malah mengalami penurunan setelah beberapa waktu lalu mengalami kenaikan.
"Kalau sayur-mayur justru turun karena ditanam di Batam dan Pinang, sama juga cabai merah lagi turun juga karena pasokannya lagi banyak," jelas Herta.
Akibat harga beberapa komoditi pasar yang mengalami kenaikan, kemampuan konsumen untuk membeli jadi berkurang.
"Pengaruhnya membuat orang yang biasanya membeli 1 kilo jadi setengah kilo aja," papar Herta.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top