Selasa, 20 Desember 2016

Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Bakar Lemak Hingga Kekebalan Tubuh



Kita sering menemukan jeruk nipis di dapur. Biasanya digunakan sebagai penambah rasa makanan atau minuman. Dalam bahasa Inggris, jeruk berukuran kecil berwarna hijau tua kekuningan dengan rasa asam itu disebut lime. Sedangkan dalam bahasa Arab dan Prancis, buah ini disebut lim.
Ada beberapa jenis jeruk nipis yang bernama latin Citrus Aurantiifolia ini. Semuanya kaya akan vitamin C. Namun, dibanding lemon, selain ukurannya yang lebih kecil, rasa jeruk nipis tidak begitu asam.
Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis mengandung vitamin A, B1, B2, dan asam folat. Buah ini juga diperkaya dengan potasium, kalsium, dan pektin. Jeruk nipis dipercaya baik buat mereka yang ingin menurunkan berat badan.
Tidak hanya itu, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat lain buat tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir laman Vegetafruit.
#Membakar lemak
Jeruk nipis mengandung asam nitrat, yang memberi rasa asam pada buah dan merupakan antioksidan. Jenis asam ini mampu membantu metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi. Lemak tubuh akan menumpuk, dan bila tidak diolah, akan menambah berat badan. Vitamin C juga sangat membantu dalam pembakaran lemak. Bila olahraga dan meminum air jeruk nipis diimbangi, usaha untuk menurunkan berat badan lebih maksimal.
#Membantu pencernaan
Air jeruk nipis juga membantu pencernaan. Ketika sedang diet, konsumsi makanan lebih sedikit daripada biasanya, sehingga asupan makanan yang akan diubah menjadi tenaga juga berkurang. Dengan nutrisi yang ada pada jeruk nipis, penyerapan makanan jadi lebih efektif.
#Menjaga kadar gula darah
Jeruk nipis juga bisa membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan secara umum. Kelebihan gula darah bisa menyebabkan diabetes, dan jeruk nipis akan mengurangi penyerapan gula darah dari makanan.
#Memperbaiki sistem kekebalan tubuh
Kandungan nutrisi pada jeruk nipis, terutama vitamin C, juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama pada saat diet. Dampaknya, tubuh tak gampang sakit, termasuk ketika sedang diet.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top