Ini Tips Agar Mobil Mesin Standar Dapat Lewati Lintasan Offroad

- 20.38.00
advertise here


Banyak yang meragukan kemampuan mobil dengan mesin standar saat melewati lintasan offroad. Padahal, faktor mesin mobil bukan menjadi penentu kemampuan kendaran melalui area yang licin dan rumit.
Pengguna kendaraan dengan mesin standar sebenarnya tidak perlu takut akan hal itu. Ada beberapa tips agar Jeep anda tetap dapat melaju di lintasan offroad.
Pemilik Tenda Jeep 88 Rachmat Sudrajat mengatakan, tak ada masalah jika Jeep bermesin standar ingin bermain pada jalur offroad. Namun dengan syarat, mempunyai kelengkapan sesuai standar.
"Mesin standar boleh, tapi harus ada regulasi rollbar berbahan seamless untuk keamanan saat berkendara," kata Rachmat saat ditemui CNNIndonesia.com di bengkelnya kawasan Kampung Rambutan, Jakarta.
Selain rollbar, kata dia, jok serta sabuk pengaman hingga tabung pemadam kebakaran juga harus diganti sesuai standar offroad.
Bagi dia,unsur keamanan merupakan standar utama untuk kendaraan yang ingin bermain di lintasan offroad.
"Kalau untuk sekedar fun, kaki-kaki mobil bisa dibuat menyerupai kendaraan khusus balapan tapi tetap yang paling penting rollbar. Banyak orang yang ingin upgrade mesin, padahal bisa pakai yang standar biasa," ujarnya.
Lagi-lagi ia menekankan pentingnya unsur keamanan, bukan semata-mata dukungan performa mesin. Selain rollbar, ketersediaan tabung pemadam dalam kendaraan yang dipakai untuk melewati lintasan offroad juga harus ada.
Mengenai harga jual satu set lengkap rollbar, Rachmat menyebut biasa dipasarkan dengan harga Rp40 juta. Harga bisa lebih murah, tergantung pada permintaan.
"Harga satu set full rollbar bisa mencapai R40 juta, ada juga yang Rp30 juta, semua harga dibanderol tergantung permintaan," kata dia.
Tidak lupa, ia menambahkan, sebelum benar- benar masuk ke area lintasan untuk terlebih dulu mengganti bagian kaca samping dengan bahan polycarbonat, kecuali di bagian depan.
Menurutnya, penggunaan bahan polycarbonat untuk kaca samping untuk memberikan keamanan bagi pengendara ketika mobil terperosok atau tergelincir di lintasan offroad.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search