Minggu, 18 Desember 2016

Inilah Alasan Sprei Harus Dicuci Minimal Seminggu Sekali. Jangan Nekat!



Meski rumah dalam keadaan tertutup rapat, debu dan kotoran akan selalu hinggap di sejumlah sudut maupun perabotan rumah tangga Anda.
Itu sebabnya, secara rutin sebaiknya perabotan didalam rumah ikut dibersihkan, tak hanya sekedar menyapu dan mengepel lantai atau sudut yang terlihat.
Hal ini amat penting untuk menjaga kesehatan anggota keluarga. Terlebih bila di antara mereka ada yang menderita alergi.
Sebab bukan cuma debu yang menjadi faktor penyebab kambuhnya alergi, tapi juga hewan kecil yang dapat kontak langsung dengan tubuh manusia, yaitu tungau.
Tungau tergolong sebagai microspider, dapat menyebabkan gangguan medis tapi sayangnya tak kasat mata alias hanya dapat dilihat melalui mikroskop karena ukurannya yang teramat kecil.
Nah, apakah Anda termasuk rajin membersihkan rumah dari kotoran dan debu, terutama pada perabotan dan juga area di kamar tidur?
Menurut dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK selaku praktisi kesehatan, amat penting membiasakan secara rutin membersihkan rumah dari kotoran, debu, dan tungau.
Ia mengatakan bahwa tungau sangat senang hidup di tempat yang lembap. Termasuk kulit manusia dimana sel-sel kulit mati manusia menjadi makanan utama bagi pertumbuhan tungau.
"Tungau banyak terdapat di sofa, karpet, gorden, kasur, atau ditempat-tempat yang berbulu seperti boneka, malah suka juga ada di tumpukan-tumpukan baju lama.
Tungau pun juga merupakan pencetus berbagai alergi seperti asma, sinusitis, dan penyakit kulit lainnya yang dapat berakibat kronis jika dibiarkan," ungkap dr. Litya ketika ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan.
Karena kehadiran tungau kerapkali tidak disadari pemilik rumah, maka ia pun menyarankan dilakukan pembersihan yang teliti terhadap perabotan rumah.
Misalnya, "Sering menjemur karpet dan kasur di rumah. Gorden dan seprei harus rajin dicuci, kalau bisa ganti seprei seminggu paling lama.
Kemudian, sofa di rumah juga harus dibersihkan, kalau kasur sebelum tidur dikebas dulu pakai sapu lidi. Karena dimana ada debu disitu ada tungau," kata dr. Litya yang menyarankan cara tersebut untuk menghindari terjadinya alergi bagi anggota keluarga. 
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top