Senin, 26 Desember 2016

Inilah Cara Merawat Rambut Kering Secara Alami dan Benar

Merawat rambut kering secara alami merupakan salah satu cara yang sering dilakukan oleh setiap orang guna memiliki rambut yang sehat dan lembab. Cara tersebut juga seringkali ditanyakan oleh para wanita, mengingat rambut merupakan suatu mahkota yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang.
Memiliki rambut yang sehat, hitam, lebat dan lembab adalah idaman bagi setiap orang. Karena seseorang yang memiliki rambut kering dan rusak pastinya hal ini dapat menurunkan tingkat percaya dirinya. Rambut kering yang tak segera diatasi dapat menyebabkan rambut mudah kusut, tidak dapat diatur, mengembang dan juga mudah patah. Rambut yang mudah patah dan rontok juga dapat menyebabkan masalah pada rambut lainnya, seperti rambut akan menjadi tipis. Jika kerontokan rambut sudah parah hal ini juga dapat menyebabkan kebotakan.
Umumnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut kering dan tidak sehat, seperti karena terlalu sering terpapar sinar matahari, polusi udara, pemilihan shampo yang tidak tepat, sering menggunakan alat pemanas rambut seperti hairdryer dan catok serta karena sering menggunakan bahan kimia. Sebenarnya merawat rambut yang kering dan rusak merupakan hal yang mudah. Hanya saja perlu ketelatenan dalam merawat kondisi rambut yang satu ini. Karena jika tidak sabar dalam merawatnya bisa saja rambut akan semakin kering dan rusak.
Lantas bagaimana caranya? Anda bisa mengatasi rambut kering dengan cara pergi ke salon rambut secara teratur. Namun ini tentu saja hal yang tidak mungkin dilakukan bagi Anda yang tak memiliki waktu senggang. Jangan khawatir, karena Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami untuk merawatnya. Selain dapat dilakukan di rumah, perawatan rambut secara alami juga tidak mengharuskan Anda mengeluarkan budget yang besar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.



Kiat Merawat Rambut Kering Secara Alami yang Tepat

Masker Kuning Telur
Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan kuning telur. Telur merupakan salah satu sumber protein tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan rutin menggunakan masker rambut alami ini, rambut akan lebih kuat, lembab dan tidak mudah rontok. Caranya, pisahkan putih dan kuning telur lalu kocok kuning telur sampai rata dan jangan lupa untuk menambahkan 1 sendok makan air bersih. Setelah itu campurkan putih telur dengan kuning telur yang sudah dicampur air. Sebelum mengaplikasikannya, basahi rambut terlebih dahulu kemudian oleskan masker tersebut. Pijat kulit kepala dan diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
Masker Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga sering digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Ini karena minyak zaitun mengandung minyak alami yang dapat melembabkan rambut. Caranya, hangatkan sedikit minyak zaitun lalu tambahkan sedikit madu. Aduk sampai rata lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit bilaslah rambut sampai bersih.
Masker Buah Alpukat
Berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpkuat untuk merawat rambut yang kering secara alami. Sama seperti minyak zaitun, alpukat juga mengandung minyak alami yang baik untuk rambut kering. Vitamin E pada buah ini juga dapat merawat rambut agar lebih sehat dan berkilau. Caranya pun sangat mudah, yaitu haluskan buah alpukat kemudian oleskan pada rambut sampai merata. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air hingga bersih. Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti madu.
Minyak Kelapa
Cara merawat rambut kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara membuatnya pun sangat mudah, oleskan minyak kelapa pada pada rambut secara merata dari akar sampai ujung. Pijat ringan kulit kepala agar peredaran darah yang menuju ke rambut dapat lancar. Diamka selama kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan air hingga bersih. Ulangi pemakaian secara teratur untuk mendapatkan rambut yang sehat dan alami.
Hindari Penggunaan Shampo Berlebihan
Mencuci rambut merupakan hal yang sangat dianjurkan agar rambut tetap bersih dan sehat. Namun jika terlalu sering keramas dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan tidak sehat. Setidaknya keramaslah setiap 3 hari sekali dengan menggunakan shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Selain dapat merangsang kelenjar minyak pada kulit kepala, hal ini tentu saja dapat membuat rambut selalu sehat dan tidak berketombe.
Gunakan Konditioner yang Tepat
Setelah berkeramas, tak lengkap rasanya jika tak menggunakan konditioner rambut. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih konditioner yang tepat. Pastikan Anda memilih konditioner yang tidak mengandung alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan rambut menjadi semakin kering dan mengembang.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top