Jumat, 23 Desember 2016

Inilah Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Calon Buah Hati

Manfaat alpukat untuk ibu hamil memang sangat baik untuk kesehatan ibu ataupun janin. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui secara spesifik apa saja kandungan alpukat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang penasaran mengenai khasiat alpukat untuk ibu hamil, simak saja ulasan berikut ini.
Tak hanya pernikahan, kehamilan juga merupakan salah satu momen yang paling diidam-idamkan oleh setiap wanita. Ketika hamil tak hanya fisik saja yang mengalami perubahan, gaya hidup dan pola makan seseorang juga akan berubah menjadi lebih baik dan lebih sehat. Hal ini bertujuan agar ibu tetap sehat dan calon buah hati bisa lahir dengan normal dan sehat.
Sebenarnya ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, mulai dari sayur-sayuran, produk, susu, buah-buahan dan lainnya. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah alpukat. Selain memiliki rasa yang cukup lezat buah ini juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat memenuhi asupan gizi seorang ibu hamil dalam setiap harinya.
Buah alpukat sendiri bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan, mulai dari dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, dijadikan smoothies ataupun diolah menjadi puding. Aneka olahan alpukat tersebut tentu saja dapat membuat ibu hamil tidak merasa bosan saat mengonsumsinya. Lantas apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.



Inilah Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Mencegah Terjadinya Komplikasi
Seperti yang kita ketahui pada masa kehamilan tidak semua ibu hamil merasakan sehat bugar seperti sebelum hamil, ada juga ibu hamil yang mengalami kelelahan. Ketika Anda merasakan lelah sebaiknya kurangi aktivitas fisik yang menguras energi Anda dan konsumsilah buah alpukat. Asam folat yang terkandung dalam buah alpukat mampu mengatasi rasa lelah serta masalah kesehatan lainnya, seperti anemia, perubahan suasana hati yang mendadak, insomnia dan preeklamsia.
Preeklamsia sendiri adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang merupakan penyebab kematian pada bayi. Preeklamsia menyebabkan bayi keracunan yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian baik pada janin bahkan ibu hamil.
Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin
Pada ibu hamil dan menyusui hormon prolaktin berfungsi untuk menstimulasi sel di dalam alveoli untuk memprokduksi ASI. Tak hanya itu saja, hormon ini juga mengatur metabolisme pada tubuh hamil. Sehingga kebutuhan zat ibu dapat dikurangi dan dialirkan ke janin agar mendapatkan nutrisi serta gizi.
Jika ibu hamil kekurangan hormon ini maka  dapat mempengaruhi kondisi emosional. Oleh karena itu mulailah mengonsumsi buah alpukat agar produksi hormon prolaktin meningkat. Kandungan vitamin E  pada buah ini dapat menghasilkan prolaktin serta dapat memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Selain itu, vitamin E juga dapat berperan sebagai anti penuaan.
Mencegah Terjadinya Gangguan Tulang
Manfaat berikutnya adalah untuk mencegah bayi dari gangguan tulang. Alpukat mengandung asam folat yang memiliki peranan penting dalam pengembangan organ tubuh bayi. Jika ibu hamil kekurangan asam folat, ini tak hanya dapat menyebabkan bayi lahir cacat saja kekurangan nutrisi yang satu ini juga dapat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir.
Deformitas merupakan sususnan gigi tetap yang tidak teratur karena gangguan rahang saat sedan mengalami perkembangan dan langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung.
Mencukupi Asupan Kalsium
Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk mencukupi asupan kalsium. Saat hamil, kebutuhan asupan makanan tentu saja akan naik berlipat ganda termasuk kalsium. Selain mengonsumsi susu kehamilan, Anda juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah alpukat untuk memenuhi asupan kalsium. Pada ibu hamil, kalsium sangat berguna sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.
Pembentukan Sel Darah Merah
Alpukat kaya akan vitamin K yang memiliki peranan penting dalam pembentukan sel darah merah. Namun tak hanya itu saja manfaatnya, vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin dan juga sebagai salah satu gizi ibu hamil yang harus dipenuhi.
Mempercepat Dalam Penyerapan Zat Besi
Sudah dijelaskan tadi bahwa sebagian besar ibu hamil seringkali mengalami anemia, untuk mencegah hal ini pastikan Anda mengonsumsi buah kaya vitamin C, salah satunya yaitu alpukat. Kandungan vitamin C pada buah alpukat dibutuhkan untuk mempercepat penyerapan zat besi (fe) dalam tubuh. Mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin C juga sangat dianjurkan jika dibandingkan dengan suplemen vitamin C.
Mencegah Cacat Saraf Pada Janin
Manfaat berikutnya adalah dapat mencegah cacat saraf pada janin. Memiliki buah hati yang sehat tanpa kurang suatu apapun adalah harapan para orang tua. Untuk mencegah bayi lahir cacat, pastikan ibu hamil mencukupi asupan asam folat. Selain pada bayam, buah alpukat juga kaya nutrisi yang satu ini. Dalam setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top