Inilah Manfaat dan Daftar Makanan yang Mengandung Kalium

- 07.37.00
advertise here
Makanan yang mengandung kalium tinggi sebenarnya bukan pisang saja, namun masih ada banyak makanan kaya kalium yang bisa dinikmati. Bagi Anda yang penasaran dengan daftar makanan kaya kalium tinggi, simak saja ulasan berikut ini.
Kalium atau potasium merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh tubuh. Seseorang yang kekurangan kalium dapat membuatnya sering sakit kepala, mengalami insomia, sering lemas, leu dan detak jantung sering tak teratur. Lantas apa sebenarnya manfaat kalium atau potasium untuk kesehatan tubuh? Salah satu manfaat kalium bagi kesehatan adalah untuk menjaga kesehatan jantung agar detak jantung bisa tertaur.
Namun tak hanya itu saja, kalium juga memiliki peranan penting lainnya seperti menjaga kesehatan ginjal, menjaga kestabilan jaringan otot, mencegah seseorang terkena penyakit stroke, hipertensi, stres serta meningkatkan kecerdasan otak. Mengingat betapa pentingnya peranan kalium bagi kesehatan tubuh, kita dianjurkan untuk mengonsumsi kalium sebesar 4700 mg/hari atau minumal 2000 mg/ hari untuk orang dewasa.
Mineral kalium sendiri tidak bisa dibentuk dalam tubuh, sehingga kita harus mengonsumsi beberapa makanan kaya kalium untuk mencukupi asupan nutrisinya. Sebenarnya ada beberapa makanan yang kaya kalium, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran hingga kacang-kacangan. Lantas makanan apa saja yang kaya kalium? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.



Daftar Makanan yang mengandung Kalium yang Tinggi.

Kacang Kedelai
Yang pertama adalah kacang kedelai. Tak hanya sebagai sumber protein nabati saja, kacang kedelai juga merupakan sumber kalium yang tinggi. Dalam 100 gram kacang kedelai mengandung 1469 mg kalium. Selain susu kedelai, makanan paling umum dengan bahan dari kedelai adalah tempe dan juga tahu. Kedelai yang difermentasi akan menghasilkan olahan tahu serta tempe yang memiliki rasa lezat dan gurih.
Kacang Merah
Yang kedua adalah kacang merah. Jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, kacang merah masih sulit didapatkan. Kacang merah juga menjadi sumber protein bagi vegetarian sebagai pengganti daging. Dalam 100 gram kacang merah mengandung 543 mg kalium. Tak hanya kalium saja, kandungan karbohidrat pada jenis kacang ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dari dalam untuk menghasilkan insulin, sehingga kacang ini sangat baik untuk mencegah diabetes.
Sedangkan kandungan vitamin B, magnesium, asam folat dan kalium yang terkandung pada kacang merah berguna untuk menjaga kesehatan jantung, pembentukan sel darah merah serta meningkatkan energi tubuh.
Kentang
Makanan pengganti nasi ini juga merupakan salah satu makanan kaya kalium yang bisa Anda nikmati. Disamping mengandung 945 mg kalium dalam 100 gramnya, kentang juga mengandung vitamin V yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, kentang juga kaya serat yang sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan. Sedangkan vitamin B6 nya sangat baik untuk menjaga fungsi saraf dan otak.
Rebung
Makanan yang mengandung kalium selanjutnya adalah rebung. Jenis sayuran yang berasal dari akar bambu ini seringkali diolah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya yaitu sebagai lumpia. Rendahnya kalori yang terkandung dalam rebung membuat seseorang yang melakukan program diet sering mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini.
Kandungan kalium pada rebung pun sangat tinggi, yaitu pada 100 gram rebung mengandung 645 mg kalium. Selain menjaga kesehatan dan mengatur detak jantung agar tetap teratur, kalium juga berfungsi menjaga sistem saraf dan melawan efek penumpukan sodium dalam tubuh.
Sukun
Berikutnya adalah sukun. Siapa yang tidak tahu sukun? Jenis tanaman yang termasuk ke dalam tanaman kluwih ini kaya kalium yang sangat tinggi yaitu sekitar 1065 mg kalium dalam 100 gram buah sukun. Tingginya kadar kalium pada buah sukun sangat bermanfaat untuk menstabilkan kinerja jantung dan saraf.
Beberapa manfaat lain sukun untuk kesehatan tubuh adalah dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, membantu mengendalikan kadar gula dalam darah, serta kaya akan serat yang mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search