Sabtu, 24 Desember 2016

Inilah Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Tubuh Paling Lengkap

Manfaat jantung pisang adalah salah satu hal yang sering ditanyakan oleh hampir setiap banyak orang. Sebab, menurut para masyarakat yang sering mengonsumsi jantung pisang makanan ini memiliki rasa yang nikmat jika diolah dengan cara yang tepat. Nah bagi Anda yang sedang mencari apa saja manfaatnya, simak artikel berikut ini.
Seperti yang kita ketahui, pisang merupakan salah buah paling pupuler yang kaya manfaat untuk kesehatan. Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang ini mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium dan nutrisi penting lainnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh.
Tak hanya buahnya saja yang enak dan kaya manfaat sehat, jantung buah pisang juga sering dimanfaatkan sebagai sayur. Disamping rasanya yang enak, menu makanan ini juga kaya akan manfaat. Sebelum membahas mengenai manfaat dari jantung buah pisang, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa itu jantung pisang. Jantung pisang merupakan bagian dari bunga pisang yang berwarna merah keunguan.
Jantung pisang juga dikenal sebagai bunga pisang yang akan bertukat menjadi buah pisang jika sudah matang. Biasanya, jantung pisang banyak dijual di pasaran. Nah bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan ini namun tak tahu manfaatnya jangan khawatir.Lantas apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat dan khasiat jantung pisang untuk kesehatan tubuh paling lengkap.



 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Jika Sering Dikonsumsi

Mengatasi dan Mencegah Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu gangguan pada pencernaan yang sering dialami oleh setiap orang, terutama pada saat bulan puasa seperti saat ini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan mengonsumsi sayur jantung pisang.
Sama seperti buahnya, jantung pisang juga kaya akan serat yang dapat membentu melancarkan pencernaan. Tak hanya itu saja, kandungan serat dalam makanan ini juga dapat membuat kenyang lebih lama.
Mengatasi Anemia
Tak hanya bayam saja yang mampu mengatasi masalah sistem peredaran manusia ini. Jantung pisang juga kaya akan zat besi yang merupakan mineral utama untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Nah bagi Anda yang sedang mengalami masalah kesehatan ini, cobalah untuk mengonsumsi jantung pisang agar sel darah merah di dalam tubuh terpenuhi.
Mengurangi Infeksi dan Peradangan
Manfaat berikutnya adalah untuk mengurangi infeksi dan peradangan. Jantung pisang memiliki sidat anti inflamasi dan anti bakteri sama seperti madu, sehingga makanan ini dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti infeksi jamur, maag, masalah peradangan, radang sendi dan infeksi lainnya.
Mengatasi Datang Bulan Tidak Teratur
Datang bulan tidak teratur? Coba atasi dengan mengonsumsi sayur jantung pisang. Hampir setiap orang percaya bahwa mengonsumsi jantung pisang dapat melancarkan siklus datang bulan dengan cara mengatur hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, jantung pisang juga dapat meredakan nyeri  perut dan panggul yang biasa terjadi saat datang bulan.
Menyehatkan Rahim
Manfaat jantung pisang berikutnya adalah untuk menyehatkan rahim. Tak hanya kaya serat saja, jantung pisang juga mengandung beberapa mineral seperti tembaga, kalsium dan juga zat besi.

Beberapa mineral tersebut sangatlah bermanfaat untuk mencegah infeksi pada rahim serta dapat memperkuat dinding rahim. Dengan kata lain, jantung pisang ini tentu saja dapat meningkatkan kesuburan sorang wanita. Sehingga Anda lebih mudah hamil setelah menikah nanti.
Menurunkan Berat Badan
Sudah dijelaskan tadi bahwa jantung pisang kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan serta dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga Anda akan terbebas dari kegiatan ngemil yang dapat menaikkan berat badan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menjalani program diet janga lupa untuk memasukkan menu makanan sehat ini ke dalam daftar makanan Anda.
Mengatasi Kencing Manis
Kencing manis atau diabetes juga dapat diatasi dengan mengonsumsi jantung pisang. Jantung pisang mengandung beberapa vitamin yang mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Sehingga mengonsumsi makanan ini dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar gula dalam darah.
Meningkatkan Produksi ASI
Bagi ibu yang baru melahirkan, tak ada salahnya untuk mencoba jantung pisang. Karena kandungan nutrisi tertentu yang ada di dalamnya sudah dipercaya secara turun temurun untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Tak hanya ibu saja yang sehat, bayi juga akan lebih banyak meminum ASI dan tentunya ia akan lebih sehat dan cerdas.

Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top