Sabtu, 24 Desember 2016

Inilah Sayuran untuk Diet yang Sehat Dikonsumsi Matang Ketimbang Mentah

Sayuran untuk diet merupakan salah satu daftar makanan yang harus dikonsumsi oleh seseorang yang ingin melakukan program diet atau penurunan berat badan. Semua sayuran pada dasarnya baik untuk menurunkan berat badan. Hanya saja hingga saat ini banyak orang yang berpendapat bahwa sayuran baik dikonsumsi dalam keadaan mentah dan begitupun sebaliknya.
Bagi Anda yang masih bingung dengan hal ini, tak perlu khawatir karena kali ini akan menjelaskan sayur apa saja yang lebih sehat dikonsumsi matang ketimbang mentah. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini. Memiliki berat badan yang ideal dan proporsional merupakan idaman bagi setiap orang, baik pria ataupun wanita. Sebab memiliki berat badan yang ideal pastinya akan membuat kita dapat tampil percaya diri dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya.
Untuk cepat mendapatkannya, banyak orang yang melakukan cara instan yang justru dapat membahayakan kesehatan, seperti mengonsumsi obat pelangsing hingga melakukan sedot lemak pada bagian tubuh tertentu. Padahal sebenarnya ada cara paling efektif yang dapat dilakukan yaitu dengan olahraga dan mengonsumsi buah serta sayur. Seperti yang kita ketahui mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk menunjang program diet. Sebab buah dan sayur tersebut kaya vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Selain memiliki kalori yang rendah, buah dan sayur yang Anda konsumsi tentunya kaya serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama serta dapat membuat pencernaan lebih lancar. Tak hanya itu saja, buah dan sayur juga memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, detoksifikasi tubuh, melancarkan sirkulasi darah hingga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.



Sayuran untuk Diet yang Sehat Dikonsumsi Matang daripada Mentah

Beberapa buah untuk diet yang dapat Anda konsumsi yaitu buah pisang, apel, alpukat dan lainnya. Berbeda dengan buah yang dapat dikonsumsi hanya dalam keadaan matang, bagaimana dengan sayuran? Apakah kita harus memasakknya terlebih dahulu atau langsung mengonsumsinya dalam keadaan mentah?  Beberapa penelitian menujukkan memasak sayuran terlebih dahulu dapat memecah dinding sel yang keras sehingga dapat membuat nutrisi lebih mudah menyerap. Daripada penasaran, berikut adalah daftar sayuran yang sehat dikonsumsi dalam keadaan matang ketimbang mentah.
Wortel
Yang pertama adalah wortel. Siapa yang tidak tahu wortel? Setiap orang pastinya mengetahui sayuran yang berwarna orange ini. Warna orange pada jenis sayur ini karena adanya beta karoten. Senyawa inilah yang juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Beta karoten yang ada di dalam wortel akan di ubah menjadi vitamin A dalam tubuh.
Tak hanya baik untuk kesehatan mata saja, vitamin A juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kulit agar tetap sehat dan lainnya. Jika dibandingkan dengan mengonsumsinya secara mentah, memasak wortel terlebih dahulu dapat meningkatkan jumlah beta karoten yang ada di dalamnya serta dapat membantu tubuh lebih mudah menyerapnya.
Bayam
Yang kedua adalah bayam. Bayam terkenal dengan kandungan zat besi yang tinggi didalamnya. Maka jangan heran jika bayam sangat efektif untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Namun tak hanya itu saja, bayam juga kaya akan asam folat yang baik dikonsumsi ibu hamil agar janin dapat berkembang dengan sehat.
Meskipun vitamin dalam sayuran untuk diet akan berkurang saat dimasak dan dipanaskan, akan tetapi asam folat pada bayam akan menjadi lebih banyak setelah memasaknya.
Tomat
Sayuran yang baik dikonsumsi matang ketimbang mentah selanjutnya adalah tomat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ilmu Pangan  dan Gizi Internasional menunjukkan bahwa Anda hanya akan mendapatkan 4 % dari likopen antioksidan. Sedangkan setelah di masak tubuh akan lebih mudah diserap oleh tubuh.
Sebab tomat mentah memiliki dinding sel tebal yang membuat tubuh kesulitan untuk menyerap likopen tersebut. Seperti yang Anda ketahui likopen memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan seperti mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.
Asparagus
Sama seperti tomat, asparagus mentah juga memiliki dinding sel yang tebal dan hal ini membuat tubuh sulit menyerap nutrisi sehatnya. Sehingga memasak asparagus terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya dapat membuat tubuh lebih mudah menyerap vitamin yang ada didalamnya.
Beberapa vitamin yang ada di dalam asparagus antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E serta asam folat. Vitamin dan nutrisi tersebut sangat ampuh untuk melawan kanker serta dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar Anda dapat terhindar dari segala macam penyakit.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top