Jumat, 23 Desember 2016

Ketahuilah Bahaya dan Efek Samping Facial Wajah Berikut Ini

Efek samping facial wajah sangat penting sekali diketahui oleh semua orang, mengingat facial merupakan salah satu langkah perawatan wajah yang sering dilakukan. Nah bagi Anda yang sering melakukan facial ataupun belum pernah melakukan facial sama sekali, kali ini akan menjelaskan mengenai bahaya dan efek samping dari facial wajah. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.
Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih merupakan idaman bagi setiap orang. Sebab hingga saat ini kulit yang bersih dan bebas jerawat merupakan salah satu kriteria wanita cantik. Maka jangan heran jika para wanita akan melakukan apa saja untuk mendapatkan hal tersebut. salah satunya yaitu dengan facial wajah.
Seperti yang Anda ketahui merawat wajah dengan facial memang menjadi pilihan tersendiri untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih. Namun tak sedikit orang yang beranggapan dan menyarankan melakukan facial wajah sangat berguna untuk membasmi jerawat. Padahal menurut dr. Gloria Novelita, SpKK facial bukanlah solusi untuk menghilangkan jerawat di wajah melainkan hanya bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan komedo wajah saja.
Oleh karena itu sebelum melakukan facial sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari memilih klinik kecantikan yang terpercaya, sesuai dengan jadwal facial dan perlu diketahui facial bukanlah solusi untuk mendapakan kulit bersih dan bebas jerawat. Sebelum melakukan facial, pastikan Anda mengetahui beberapa dampak negatif dari perawatan wajah yang satu ini.



Inilah Efek Samping Facial Wajah yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

Jerawat
Bukankah facial dapat mengatasi jerawat? Jawabannya tidak. Facial justru dapat membuat kondisi jerawat semakin parah, mulai dari peradangan dan traumatik. Seperti yang kita ketahui jerawat tidak boleh dipencet-pencet, pada saat facial perawat pastinya akan memencet, menekan dan mengeluarkan jerawat.
Hal ini dapat membuatnya meradang. Tak hanya itu saja, hal ini juga dapat menyebabkan bekas jerawat. Jika dibandingkan dengan jerawat, bekas jerawat sangatlah sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu jika kondisi kulit sedang berjerawat pastikan Anda tidak melakukan facial agar jerawat tidak tumbuh semakin banyak.
Iritasi
Iritasi juga merupakan efek samping dari facial wajah yang sering ditemui. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya pikir dua kali jika ingin melakukan facial. Sebab, krim dan obat yang digunakan untuk facial biasanya mengandung bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Produk tersebut tentu saja bisa membahayakan kulit sensitif Anda. Umumnya gejala yang biasa dialami pemilik kulit sensitif adalah gatal dan iritasi.
Ruam dan Kemerahan
Ruam dan kemerahan  merupakan efek lanjutan dari iritasi kulit.Bahan kimia yang digunakan selama facial mungkin terlalu kuat dan tidak sesuai dengan jenis kulit. Sehingga muka akan kemerahan dan bahkan dapat menyebebkan pembengkakan dan peradangan pada kulit.
Kulit Kering
Facial untuk kulit berminyak memang sangat disarankan karena berguna untuk mengurangi minyak di wajah. Namun terlalu sering facial dan mengabaikan jadwal facial justru dapat menghilangkan kelembaban alami pada kulit. Jika tidak segera dihentikan maka hal ini dapat menganggu keseimbangan pH kulit, akibatnya kulit akan menjadi kusam dan kering tak sehat.
Menyebabkan Jaringan Parut
Efek samping facial wajah selanjutnya adalah dapat menyebabkan jaringan parut. Proses  mengeluarkan komedo biasanya menggunakan alat khusus. Jika tidak dilakukan dengan teknik yang tepat, maka hal ini bisa menyebabkan luka. Dan kemungkinan terburuknya dari hal tersebut adalah terbentuknya jaringan parut sehingga membuat kulit wajah tak mulus lagi.

Tips Menghindari Efek Samping Akibat Facial Wajah

Meskipun facial wajah memiliki beberapa efek samping, namun Anda tak perlu takut saat melakukan facial, karena ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari beberapa efek samping tersebut.
Pilih Klinik Kecantikan yang Tepat
Memilih klinik kecantikan yang tepat sebelum melakukan facial wajah adalah pilihan yang benar agar terhindar dari efek samping. Saat tiba di klinik, tak ada salahnya jika mengalami keadaan sekeliling. Anda juga bisa bertanya kepada seseorang di sana apakah klinik kecantikan ini terpercaya atau tidak.
Agar lebih aman, mintalah pada ahli kecantikan untuk tidak menggunakan alat jika tidak disterilkan terlebih dahulu. Sebab peralatan kotor bekas orang lain dapat membuat Anda berjerawat setelah facial.
Sampaikan Keinginan Anda
Agar tetap steril pastikan ahli kecantikan yang menangani Anda menggunakan sarung tangan karet. Dan seharusnya facial tidak terlalu sakit. Oleh karena itu minta ahli kecantikan mengurangi kekuatannya jika Anda merasa sakit.
Rawat Wajah setelah Facial
Setelah facial biasanya kita akan diberi krim untuk menetalisir wajah dan menghentikan sementara pemakaian krim malam. Hal ini tentu saja bukan tanpa tujuan melainkan bermanfaat agar kulit terbebas dari iritasi. Selain itu, setelah melakukan facial sebaiknya Anda menghindari srcubbing dengan bahan yang terlalu kasar. Cuci saja wajah dengan mild cleanser agar lebih aman.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top