Lima Penyebab Gigi Menjadi Kuning

06.49.00

Siapa yang tidak ingin memiliki senyum putih berkilau? Sayangnya, meski sudah rajin menyikat gigi sehari-hari, rasanya sangat sulit mendapatkan gigi sempurna. Yang terjadi, kita malah berakhir dengan gigi kusam dan kuning.
Pernahkah bertanya-tanya apa yang harus dilakukan untuk membuat senyum dan tawa Anda lebih percaya diri dengan gigi yang bersih dan putih? Selain rajin membersihkan gigi, Anda juga harus menghindari beberapa kebiasaan, yang secara tak disadari bisa merusak warna gigi.
Berikut adalah beberapa hal yang bisa merusak warna gigi, untuk Anda hindari, yang dilansir dari Times of India.
1. Teh Hijau
Tak diragukan lagi jika teh hijau memiliki keajaiban bagi kesehatan tubuh. Tapi apakah Anda pernah berpikir bahwa ternyata minuman super ini bisa membahayakan gigi? Ya, teh hijau bisa memberikan efek buruk bagi gigi. Untuk menghindarinya, sikat gigi Anda setelah 30 menit mengonsumsi teh hijau.
2. Lemon
Segelas lemonade memang cocok untuk diminum saat musim panas, karena kesegarannya. Tapi, jika Anda senang dengan minuman ini, tahukah jika konten asam yang tinggi pada lemon dapat merusak enamel Anda? Enamel adalah lapisan yang membuat gigi bersinar, putih berkilau. Jadi berhati-hatilah.
3. Minuman berenergi
Anggapan bahwa minuman berenergi baik untuk tubuh Anda hanyalah sebuah mitos. Karena sebenarnya, kandungan gula dalam minuman ini hanya akan mendorong pertumbuhan bakteri dalam mulut Anda. Kebiasaan ini benar-benar bisa merusak gigi.
4. Berenang
Jika menghabiskan lebih dari 6 jam dalam seminggu untuk berenang,ini akan berefek pada kondisi gigi Anda. Gigi selalu bersentuhan dengan air kaporit yang mengandung bahan kimia. Jadi, hindari terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam kolam renang.
5. Obat Kumur
Tahukah jika obat kumur yang Anda gunakan untuk membersihkan mulut, ternyata bisa berbahaya juga untuk gigi? Adanya kandungan chlorhexidine glukonat dalam obat kumur akan membuat sisa makanan yang tertinggal dalam mulut meninggalkan warna kekuningan, dengan proses kimia yang terjadi.

0 komentar