Minggu, 18 Desember 2016

Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2017 Tindak Kejahatan 3C di Batam Menurun di Tahun 2016





Tindak pidana yang lebih dikenal dengan sebutan 3C, curat (pencurian dengan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan), dan curanmor (pencurisan kendaraan bermotor) pada tahun 2016 ini jauh menurun dibanding tahun 2015.
Berdasarkan laporan polisi (LP) yang masuk baik di Polresta Barelang sendiri maupun di Polsek-polsek jajarannya, penurunan tersebut cukup signifikan dengan selisih angka 355.
Total jumlah kasus dari tiga jenis kejahatan itu sebanyak 955 kasus pada 2015, turun menjadi 600 kasus terhitung sejak Januari hingga 18 Desember 2016.
Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika, mengatakan, penurunan tersebut dilihat berdasarkan jumlah laporan yang masuk ke pihaknya. "Secara umum tindak pidana dari tiga jenis kejahatan yang kerap terjadi di Batam mengalami penurunan di 2016 ini," ungkapnya.
Jika dijabarkan lebih detil lagi, untuk kasus curas, termasuk di dalamnya jambret, terjadi sebanyak 120 kasus pada tahun 2015. Sedangkan pada tahun 2016 turun menjadi 80 kasus.
Sementara untuk curat, pada 2016 turun menjadi 99 kasus, yang sebelumnya pada 2015 terjadi sebanyak 135 kasus.
"Nah untuk kasus curanmor, pada tahun 2015 terjadi sebanyak 700 kasus. Penurunan pada 2016 cukup jauh, yakni terjadi sebanyak 421 kasus," jelasnya.
Dilanjutkan Helmy, ini merupakan prestasi serta bentuk kesungguhan pihaknya dalam upaya menjaga kondusifitas serta bisa memberikan energi positif pada perekonomian Batam.
"Turunnya angka kriminalitas dari tiga jenis kasus ini dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan polisi seperti patroli di lingkungan masyarakat, dan kami berharap memenag itu menjadi jawabannya," lanjut Helmy.
Ditambahkan, pihaknya tidak akan hanya puas dengan kondisi saat ini. Upaya yang telah dilakukan sehingga angka kejahatan menurun akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.
"Jika tindakan yang kami lakukan membuat kejahatan menjadi nol tentu tidak mungkin. Tapi kejahatan bisa diminimalisir tentu pasti bisa. Karena itu kami akan pertahankan dan tingkatkan kinerja agar Batam bisa lebih komdusif lagi," pungkasnya.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top