PENTING! Ini 10 Bahasa Tubuh Saat Seseorang Sedang Berbohong

- 23.40.00
advertise here


Bahasa tubuh merupakan salah satu cara seseorang menyampaikan pesan.
Karena itu penting bagi kita untuk mempelajari gerak-gerik aliasbahasa tubuh dari seseorang.
Salah satunya mempelajari bahasa tubuh seseorang yang sedang berbohong.
Berikut 10 gerak-gerik seseorang ketika berbohong:
1. Mengulangi pertanyaan
Seseorang yang berbohong cenderung mengulangi pertanyaan ketika kita bertanya kepadanya. Misalnya, kita bertanya “Ke mana kamu tadi malam?” jika ia berbohong ia akan cenderung balik bertanya, “Ke mana aku tadi malam?”
2. Mengambil jeda dalam berbicara
Pembohong akan terdiam sejenak ketika tiba-tiba ditanyai pertanyaan yang sulit. Maksudnya adalah untuk memikirkan kebohongan apa yang hendak disampaikan.
3. Menjelaskan tidak detail
Kita mungkin berpikir bahwa pembohong akan berbelit-belit ketika menjelaskan sesuatu. Namun penelitian membuktikan bahwa sebetulnya pembohong cenderung menjelaskan sesuatu dengan tidak detail dan cenderung singkat.
4. Sangat sering menggunakan kata “sejujurnya..”
Seorang pembohong akan berusaha menegaskan kebohongannya agar pernyataannya terlihat benar. Ia sering menggunakan kata “sejujurnya” “sebenarnya” dengan tujuan penegasan, bukan pengakuan.
5. Lambat dalam menjelaskan sesuatu
Seorang yang berbohong biasanya memperlambat kata-katanya ketika mulai berbicara. Perhatikan irama dan nada bicaranya, jika dimulai dengan lambat, kemungkinan besar ia berbohong.
6. Tiba-tiba berbicara formal
Tipikal orang yang sedang berbohong ialah tiba-tiba berbicara formal dan tampak tidak santai walau berada di suasana yang santai.
7. Kalimatnya terpotong-potong
Saat seseorang berbohong ia cenderung kehilangan kata-kata untuk menjelaskan maksudnya. Bukan terbata-bata, ia cenderung bicara tidak beraturan.
8. Ia sulit menceritakan kronologis cerita
Dalam interogasi tersangka, polisi biasanya meminta mereka untuk menceritakan ulang kronologi cerita yang disampaikannya. Kalau ia berbohong, ia akan sulit menceritakan kembali apa yang sudah disampaikannya sebelumnya.
9. Senang jika topik pembicaraan teralihkan
Jika kita mencurigai seseorang berbohong, cobalah segera mengalihkan topik pembicaraan. Umumnya, orang yang jujur akan bingung dengan topik pembicaraan yang berganti tiba-tiba. Namun pembohong akan senang jika topik dialihkan untuk menghindari “kebohongannya” yang tadinya dibahas.
10. Sulit menjawab pertanyaan spontan
Polisi juga melakukan hal ini ketika menginterogasi seseorang. Awalnya ia ditanyai dengan pertanyaan yang sangat ringan, namun tiba-tiba ia ditanyai dengan pertanyaan yang lebih sulit. Jika ia terkejut dan terbata-bata, kemungkinan ia berbohong.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search