Jumat, 23 Desember 2016

Takjub Skill Pekerja Lokal, Perusahaan Gas & Nitrogen Swedia akan Pindahkan Usahanya ke Batam



Perusahaan yang bergerak di bidang sistem inert gas dan nitrogen, PT Feen Marine, akan memperluas usahanya di Batam.
Perusahaan tersebut menggandeng perusahaan asal Swedia, Scanjet Group.
Rencana perluasan itu disampaikan oleh direktur kedua perusahaan dalam konfrensi pers yang digelar di BP Batam, Jumat (23/12/2016).
Menurut Manager Director PT Feen Marin, Bjornar Feen, pihaknya telah tiga tahun berinvestasi di Batam dan telah memiliki banyak klien terkait dengan alat keselamatan kapal tanker.
Feen telah memproduksi alat keselamatan di Batam dengan menggunakan tenaga kerja lokal.
Saat ini, ia menemukan rekan baru untuk memperluas usahanya tersebut karena sama-sama bergerak di bidang sistem keselamatan kapal tanker.
“Kami berencana melakukan pengembangan usaha kerjasama dengan Scanjet, perusahaan dari Swedia. Lokasinya di Sekupang. Pengerjaanya sudah dimulai dari sekarang,” kata Feen.
Adapun operasional resmi joint venture tersebut dimulai pada April 2017 mendatang.
CO Scanjet Group, Magnus Wallin, mengatakan Scanjet Groups yang bergerak dalam bidang pembersihan tanker melirik Batam karena memiliki lokasi strategis.
Apalagi, saat ini 80 persen pangsa pasar dari Scanjet berada di kawasan Asia Pasifik seperti Korea, Jepang, China dan negara-negara lainnya.
“Kami melihat Batam sebagai lokasi srategis bagi kami untuk memperluas usaha. Selama ini semua dilakukan di Swedia. Tetapi ke depan, secara bertahap kami akan memindahkan pengerjaan itu di Batam. Di sini tenaga lokal juga cukup mumpuni,” ujar dia.
Dengan pemindahan pelayanan perkapalan tanker di Batam, maka secara otomatis juga akan melakukan transfer pengetahuan dan teknologi.
Hal ini juga sangat membantu masyarakat lokal yang dinilai memiliki kompetensi handal untuk pengerjaan proyek-proyek tersebut.
Ia juga mengaku telah melihat sendiri kemampuan dari tenaga lokal Indonesia yang tidak kalah dengan tenaga dari luar.
Nilai investasi yang akan digulirkan di Batam merupakan investasi tambahan yang telah dilakukan PT Feen Marine.
Nantinya, PT Scanjet secara perlahan akan menginvestasikan secara bertahap yang apabila dikalkulasikan dengan transfer teknologi bisa mencapai 4 juta dolar AS lebih.
Deputi V BP Batam, Gusmardi Bustami, menyambut baik rencana penambahan investasi tersebut.
Apalagi, perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi tinggi dan mampu menyerap tenaga kerja lokal.
Hal itu sesuai dengan kehendak BP Batam yang menginginkan hadirnya investor di bidang padat teknologi.
“Investasi seperti ini adalah salah satu target kita. Dengan mendatangkan perusahaan atau industri yang high technology. Karena PT Feen Marine sudah berinvestasi di Batam, tentu tidak banyak lagi izin yang diperlukan. Dan kami akan mempermudah perizinan yang dibutuhkan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata dia.
Gusmardi menerangkan, perusahaan tersebut juga sangat takjub dengan kemampuan dari tenaga kerja lokal yang mampu mengerjakan pekerjaan berat.
Saat ini, tambah dia, perusahaan tersebut telah menggunakan alumnus dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebagai tenaga profesional.
Bahkan, ada pekerjaan yang membutuhkan beberapa jam, justru bisa dikerjaan oleh tenaga lokal hanya dalam waktu 10 menit saja.
“Daya serap tenaga kerjanya memang tidak terlalu banyak. Ya beginilah memang untuk pekerjaan dengan skill yang tinggi. Karena itu, perlu kita dukung perusahaan yang seperti ini. Dan BP Batam sangat menyambut baik rencana ekspansi tersebut,” ujar dia lagi. 
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top