Kamis, 15 Desember 2016

Tanjungpinang Luncurkan Aplikasi Layanan PAK CAMAT Berbasis Andoid. Ini Manfaatnya bagi Warga



 KecamatanTanjungpinang Barat meluncurkan aplikasi pelayanan berbasis android.
Aplikasi tersebut dinamai Pelayanan Administrasi Kecamatan Cepat Aman Modern Akuntabel dan Transparan atau disingkat PAK CAMAT.
Peluncuran penggunaan aplikasi tersebut dilakukan oleh WalikotaTanjungpinang Lis Darmansyah di Aula Kantor CamatTanjungpinang Barat, Jumat (16/12/2016).
Camat Tanjungpinang Barat Bobby Wira Satria mengklem aplikasi PAK CAMAT yang digunakan di Kecamatan Tanjungpinang Barat tersebut merupakan yang pertama digunakan di Indonesia.
Di kecamatan-kecamatan lain di Indonesia belum ada yang menggunakan aplikasi pelayanan berbasis android.
"Aplikasi ini bisa didownload di playstor melalui android. Awalnya saya berfikir bagaimana mengurus di kecamatan semudah memesan tiket online. Ini juga sesuai visi dan misi WalikotaTanjungpinang yakni menciptiakan pelayanan berbasis teknologi informasi," katanya.
Dengan aplikasi PAK CAMAT tersebut, katanya, masyarakat tidak perlu lagi secara berulang-ulang dari kelurahan ke kecamatan untuk mengurus berkas.
Karena cukup mengisi satu kali melalui aplikasi PAK CAMAT sudah langsung terimput ke data kecamatan.
"Sebelumnya pelayanan lamanya 1X24 jam ini paling lama 1 menit sudah selesai urusan. Tinggal mengisi form di PAK CAMAT dan nanti dapat kode. Tapi tetap peryaratan administrasi tidak kita abaikan, seperti pengantar RT dan sebagainya," katanya.
Menurutnya dalam aplikasi tersebut ada beberapa fitur, diantaranya fitur lapor pak camat dengan fitur ini masyarakat bisa melaporkan kondisi di lapangan, kemudian pindah datang WNI, pindah keluar WNI dan terkoneksi ke website kecamatan.
Sehingga urusan kepindahan lebih mudah.
Sementara itu, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah usai meluncurkan penggunaan aplikasi tersebut mengapresiasi kereatifitas Kecamatan Tanjungpinang Barat.
Menurutnya pelayanan yang baik saat ini memang menghindari tatap muka. Karena dengan tatap muka rentan terjadi pungli.
"Kita juga ngak bisa menghidari dari kemajuan teknologi. Saya memberi apresiasi kepada kecamatan Tanjungpinang Barat. Ini menjadi percontohan. Kita minta ini akan diikuti Kecamatan lain seTanjungpinang. Sehingga pelayanan bisa cepat," katanya.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top