Sabtu, 24 Desember 2016

Tips Merawat Rambut Kering dan Kusam Secara Alami

Tips merawat rambut kering dan kusam adalah salah satu hal yang sering ditanyakan oleh hampir setiap orang. Ini karena rambut yang kering dan kusam pastinya dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan tentunya kondisi rambut yang seperti ini juga akan sulit untuk diatur.
Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang, baik pria ataupun wanita. Tak hanya itu saja setiap orang juga ingin memiliki kulit kepala yang lembab dan segar. Karena rambut yang sehat dan indah dapat membuat penampilan seseorang menjadi semakin cantik dan menarik. Maka jangan heran jika banyak orang yang akan melakukan berbagai macam hal untuk mendapatkan rambut yang indah. Bagi mereka yang memiliki banyak uang, pastinya tidak akan bingung untuk merawat rambut. Karena mereka bisa mendatangi salon kecantikan untuk merawat rambutnya.
Namun bagaimana dengan seseorang yang memiliki budget pas-pasan? Jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Selain murah menggunakan bahan alami pastinya akan lebih aman bagi kesehatan rambut Anda. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara merawatnya, tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa penyebab rambut kering dan kusam. Penyebab utama masalah rambut yang satu ini adalah karena rambut sering terpapar sinar matahari, sering menggunakan hairdyer, alat catok rambut dan alat pengeriting rambut serta sering melakukan pewarnaan pada rambut.



Tips Merawat Rambut Kering dan Kusam dengan Bahan Alami

Cara merawat rambut kering dan kusam sebenarnya sama dengan cara merawat rambut kering dan mengembang hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain menghindari beberapa penyebab tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut ini untuk merawat rambut. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat rambut yang kering dan kusam.
Masker Lidah Buaya
Yang pertama adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang sangat kaya akan manfaat. Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja, kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam tanaman ini juga sangat baik dalam menjaga rambut kepala. Cara memanfaatkannya tidak sulit, ambil beberapa batang lidah buaya lalu belah menjadi dua bagian. Ambil gelnya lalu oleskan pada rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih. Gel lidah buaya sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki rambut agar lebih sehat dan bercahaya.
Masker Alpukat dan Madu
Yang kedua adala dengan menggunakan alpukat dan madu. Sama seperti lidah buaya, alpukat dan madu juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan rambut. Kandungan vitamin E pada alpukat dapat menjaga kulit kepala agar lebih sehat. Sedangkan madu dapat membuat rambut lebih lembab. Caranya, haluskan buah alpkuat yang sudah matang dan tambahkan dengan 3 sendok makan madu murni. Aduk hingga campuran tersebut merata kemudian oleskan pada rambut, diamkan selama 30 menit setelah itu Anda bisa membilasnya sampai bersih.
Masker Minyak Zaitun dan Madu
Tips merawat rambut kering dan kusam selanjutnya adalah dengan menggunakan  minyak zaitun dan madu. Kandungan minyak alami pada minyak zaitun dapat mengatasi rambut kering. Caranya hangatkan minyak zaitun kemudian tambahkan dengan sedikit madu. Lalu balurkan pada rambut sampai merata. Bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan semalaman. Keesokan harinya Anda bisa membilas rambut dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan rambut ini secara rutin untuk memiliki rambut yang sehat dan berkilau.
Gunakan Minyak Kemiri
Berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Sama seperti minyak zaitun, minyak kemiri juga memiliki khasiat untuk melembabkan rambut. Tak perlu repot-repot untuk membuat minyak kemiri sendiri, karena Anda bisa membelinya di toko terdekat. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Hangatkan minyak kemiri lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala sampai merata. Diamkan semalaman lalu bilas sampi bersih.
Hentikan Sementara Kebiasaan Menata Rambut
Bagi Anda yang sering melakukan perawatan rambut, sebaiknya Anda menghindari penataan rambut yang berlebih. Seperti penggunaan hairdryer, alat catok rambut, pengeriting rambut serta hindari pewarnaan rambut. Tak hanya itu saja, agar rambut kembali normal hindari sementara kebiasaan menata rambut di salon. Jika Anda memiliki aktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakanlah pelindung kepala agar rambut tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Seperti yang Anda ketahui terpapar sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan rambut kering dan tidak teratur.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top