Senin, 26 Desember 2016

Tips Perawatan Wajah untuk Usia Remaja yang Tepat

Tips perawatan wajah untuk usia remaja sangat penting sekali untuk diketahui. Hal ini dikarenakan menurut dokter kecantikan di salah satu klinik kecantikan di Jakarta Utara, dr. Indriyanti perawatan wajah memang harus dijalani sedini mungkin.
Seperti yang kita ketahui, wajah merupakan salah satu bagian penting dalam diri manusia. Pada saat seseorang menginjak usia remaja atau ketika pubertas, kondisi kulit wajah akan mengalami perubahan hormon. Perubahan ini bisa saja semakin baik atau justru dapat memperparah kondisi wajah, seperti kulit menjadi lebih berminyak ataupun kering. Kulit wajah yang berminyak merupakan suatu kondisi dimana kelenjar minyak pada seseorang mengeluarkan minyak yang berlebih. Akibatnya kulit akan mengkilap dan biasanya kondisi wajah ini sangat rentan sekali terhadap jerawat.
Sedangkan kulit kering dapat membuat wajah kusam, tidak cerah dan tidak sehat. Tak hanya itu saja, jika kondisi kulit sudah parah ini dapat menyebabkannya mengelupas. Umumnya kulit kering disebabkan karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari, mencuci tubuh terlalu sering, sering di ruang ber AC dan lainnya. Saat ini banyak sekali produk perawatan wajah yang dijual bebas di pasaran, tak terkecuali untuk ara remaja.
Namun sebaiknya Anda berhati-hati ketika memilih produk perawatan wajah. Dr. Indri menyarankan untuk memilih produk perawatan dengan bahan-bahan yang ringan dan aman. Ia juga menyarankan untuk berkonsultasi kepada dokter, karena ada beberapa dampak negatif dari penggunaan produk perawatan wajah yang tidak tepat. Seperti kulit menjadi kebal, iritasi jangka panjang, penuaan dini dan memudarkan kecantikan alami. Lantas bagaimana perawatan wajah yang tepat untuk usia remaja? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.



Ketahuilah Tips Perawatan Wajah untuk Usia Remaja yang Benar dan Aman

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa perawatan wajah yang tidak tepat dapat menyebakan iritasi, terutama untuk seseorang yang kulitnya sangat sensitif. Hanya itu saja, kulit yang masih muda juga memiliki tingkat kolagen dan elastisitas yang masih baik dan sempurna. Jika Anda menggunakan produk perawatan yang asal-asalan, justru dapat membuat kulit Anda menjadi menua dan muncullah garis halus ataupun keriput pada wajah.
Selalu Mencuci Wajah
Yang pertama adalah pastikan Anda selalu mencuci wajah dengan menggunakan sabun khusus ketika bangun tidur dan setelah beraktivitas. Hal ini umumnya sangat penting sekali untuk dilakukan, karena karakter kulit ketika remaja akan mengalami perubahan akibat hormonal tubuh yang ada hubungannya dengan kulit. Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak Anda bisa menggunakan scrub plus tonic sebagai penyegar. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit kering atau normal, sebaiknya gunakanlah cleansing yang lembut serta tonic untuk menyegarkan wajah.
Gunakan Tabir Surya
Ketika usia beranjak remaja, pastinya mereka akan lebih sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Untuk menghindari wajah tampak kusam, sebaiknya gunakanlah tabir surya atau krim pelindung dengan SPF 5-6. Perlu diketahui bahwa setiap SPF setara dengan 15 menit. Sehingga, misalnya saja Anda ingin berenang selama 2,5 jam maka sebaiknya gunakanlah tabir surnya yang mengandung SPF 10.
Gunakan Bedak Tabur
Menggunakan bedak tabur merupakan salah satu tips perawatan wajah untuk usia remaja yang perlu Anda ketahui berikutnya. Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan untuk kulit remaja, sebaiknya hindarilah menggunakan bedak padat. Karena untuk kulit berminyak bedak padat dapat menyumbat pori-pori wajah. Dan tentunya hal ini dapat memicu terjadinya jerawat.
Menggunakan Obat Jerawat
Selanjutnya adalah menggunakan oba jerawat. Berjerawat merupakan salah satu hal wajar yang sering dialami oleh para remaja. Meskipun wajar, namun Anda tetap harus mengetahui cara merawatnya. Ketika wajah jerawatan, biasanya kita akan segera memencetnya. Namun hal ini adalah hal salah yang harus dihindari. Memencet jerawat justru dapat membuatnya meradang, yang pada akhirnya akan meninggalkan bekas jerawat yang tidak enak dipandang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan obat jerawat yang tersedia di pasara jika wajah mulai jerawatan.
Gunakan Masker Wajah
Menggunakan masker wajah juga sangat penting untuk dilakukan. Jika ingin maskeran, pilihlah masker wajah yang sesuai dengan kondisi jenis kulit Anda. Setidaknya, lakukan perawatan ini satu minggu sekali. Karena dengan maskeran hal ini dapat mengecilkan pori wajah, mengangkat lemak serta kotoran yang ada di wajah. Anda bisa membeli masker yang dijual di pasaran, ataupun membuat masker alami di rumah. Beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai masker wajah antara lain campuran putih telur dan madu, pisang dan yoghurt, buah alpukat dan minyak zaitun, jeruk nipis dan madu, masker jeruk lemon dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut tentunya sangat mudah didadapatkan dan pastinya memiliki harga yang cukup terjangkau.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top