Minggu, 22 Januari 2017

Inilah Penyebab Keringat Dingin Pada Telapak Tangan

Cuaca dingin di luar ruangan di tambah dengan minimnya bergerak ketika bekerja di ruangan ber AC merupakan siksaan tersendiri bagi setiap orang. Beberapa bagian tubuh yang selalu merasa kedinginan akibat hal ini adalah telapak tangan jari-jari dan bagian tubuh lainnya. Dalam kondisi ini darah akan lebih banyak mengalir ke organ-organ vital seperti paru-paru dan jantung. Maka jangan heran jika efek sampingnya bagian tubuh tertentu seperti jari-jari tangan dan kaki selalu merasa kedingingan. Namun tahukah Anda cuaca dingin bukanlah satu-satunya penyebab keringat dingin. Ada beberapa penyebab yang perlu diwaspadai. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.
Melihat kondisi ini, seseorang yang mengalami keringat dingin  belum tentu ia juga memiliki gejala penyakit tertentu. Umumnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keringat dingin, salah satunya yaitu kondisi rumah yang terlalu panas dan masih banyak lagi. Namun tahukah Anda ada beberapa gejala yang bisa dijadikan sebagai ukuran keringat dingin yang menunjukkan gejala penyakit tertentu. Apa saja gejalanya? Berikut ulasannya.
  • Gangguan kesulitan tidur dan tubuh terasa lemah.
  • Sakit kepala disertai mual, muntah dan pusing.
  • Nyeri dan sakit pada bagian dada.
  • Tubuh terkadang terasa panas dan terkadang terasa dingin.
  • Perasaan takut yang berlebihan sehingga membuat tubuh mengeluarkan keringat dingin.

Ketahuilah penyebab keringat dingin pada telapak tangan




Kekurangan vitamin B-12
Yang pertama adalah  akibat kurang vitamin B12. Seperti yang kita ketahui vitamin B12 sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga seseorang yang kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah dan juga anemia. Beberapa makanan kaya akan vitamin B12 yang dapat dikonsumsi adalah susu, telur dan juga daging.
Stres dan gelisah
Yang kedua adalah karena stes ataupun gelisah. Ketika tubuh seseorang mengalami stres dan gelisah adrenalin akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah menyempit, termasuk di bagian ekstremitas seperti ujung-ujung jari. Berkurangnya darah yang mengalir ke seluruh tubuh dapat membuat bagian-bagian tertentu cenderung merasa dingin.
Tekanan darah rendah
selanjutnya adalah karena tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah atau hipotensi dapat disebabkan oleh banyak ha, seperti efek samping obat, masalah endokrin dan karena efek samping obat. Ketika tekanan darah seseorang menurun, maka jantung akan lebih banyak mengalirkan darah ke organ-organ vital. Dampaknya, hal ini menyebabkan badan terasa lemas dan tubuh akan merasa dingin.
Sindrom raynaud
Berikutnya adalah akibat sindrom raynaud. Ketika seseorang yang mengidap sindrom ini, saat kambuh ia akan mengalami kedinginan di ujung-ujung jari dan juga pada bagian telinga dan hidung. Sindrom raynaud merupakan suatu kondisi penyempitan pembuluh darah di area tersebut. Karena terlalu kedinginan,  pengidap penyakit ini diharuskan menggunakan sarung tangan.
Obat-obatan
Selanjutnya adalah karena obat-obatan. Selain karena sindrom raynaud, penyempitan pembuluh darah juga dapat disebabkan karena obat-obatan. Salah satu obat-obatan yang dapat menyebabkan hal ini adalah obat beta bloker untuk penderita darah tinggi, pelega tenggorokan, obat migrain dan juga obat kanker.
Anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan salah satu masalah pada sistem peredarah darah yang juga akan menyebabkan pada kedinginan di bagian ujung-ujung jari. Hal ini karena  sel darah merah akan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. selain karena kekurangan zat besi, anemia juga disebabkan oleh penyakit tertentu.
Infeksi tubuh
Penyebab keringat dingin berikutnya adalah karena infeksi tubuh. Keringat dingin yang Anda alami di malam hari dapat menunjukkan beberapa gejala infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri. Beberapa jenis penyakit yang disebabkan hal ini antara lain, infeksi pada katub jantung, peradangan pada tulang, penyakit TBC dan infeksi HIV.
Penyakit pernapasan
Ketika tubuh kekurangan oksigen maka tubuh akan mengirimakan sinyak ke otak seperti keringat dingin. Otak memiliki kadar oksigen yang rendah sehingga dapat membuat tubuh menjadi lemah. Hal ini biasanya disebabkan karena tertekan, stres dan depresi. Kondisi yang lebih serius juga dapat membuat kesulitan dalam bernapas, mual, muntah dan rasa nyeri di bagian dada.
Menopause
Seorang wanita yang masuk dalam usia menopause juga sering mengalami kondisi ini.Hal ini dikarenakan perubahan hormon dan sistem metabolisme tubuh menyebabkan sistem tubuh mengalami keringat dingin. Umumnya hal ini adalah hal yang biasa terjadi, dan bahkan beberapa wanita juga mengalami beberapa gangguan lainnya seperti insomnia, cemas berlebihan dan lainnya.
Penyakit jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering ditandai dengan keringat berlebih pada telapak tangan. Ketika ada masalah pada pembuluh darah, jantung akan mengirimkan respon yang besar. Beberapa gejala yang menyertai penyakit yang berbahaya ini antara lain nyeri pada pada, sulit bernapas dan detak jantung tidak tertaur.
Demikianlah ulasan mengenai penyebab keringat dingin pada telapak tangan dan bagian tubuh lainnya.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top