Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya traditional

- 19.52.00
advertise here
Batu ginjal adalah massa keras seperti batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih dan menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Adapun proses pembentukan batu ginjal ini disebut sebagai urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis). Batu ginjal terbentuk oleh mineral dan asam garam, batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya disebabkan ketika urin berkonsentrasi dan mineral menjadi mengkristal dan menggumpal. Sakit batu ginjal biasanya dirasakan pada bagian pinggang, di bawah pinggul hingga menjalar pada bagian perut di bawah pangkal paha akan merasakan nyeri yang luar biasa yang akan dialami oleh penderita sesuai dengan perubahan atau pergerakan batu ginjal pada saluran urin.
Adapun penyebab batu ginjal terbentuk karena komponen urin atau cairan mineral dan asam mengalami ketidakseimbangan. Ketika hal itu terjadi maka akan mengakibatkan pembentukan seperti kristal di antaranya kalsium, oxalate, uric acid dan cairan yang lainnya. Maka ketika pada saat yang sama pada saat semua cairan mengalami penggumpalan, itulah awal mulainya batu ginjal muncul pada diri manusia. Adanya proses bentukan batu ginjal tersebut pasti tidak lazim ketika tidak disertai dengan faktor resiko tersebut atau faktor yang mendasari terbentuknya batu ginjal.



Berikut Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

  1. Karena faktor genetik atau keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat dengan kasus batu ginjal.
  2. Karena faktor kegemukan atau obesitas.
  3. Faktor makanan yang mengandung tinggi protein, sodium dan gula dimana sangat berpotensi resiko terkena batu ginjal.
  4. Dehidrasi atau kurangnya asupan air putih dalam tubuh.
  5. Karena kondisi medis di antaranya hyperparathyroidism, renal tubular acidosis, cystinuria, dan infeksi yang terjadi pada saluran urin tertentu.
Berdasarkan hal tersebut, batu ginjal sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit dan batu sistin.
Batu Kalsium
Jenis batu ginjal yang satu ini paling umum terjadi. Batu kalsium sendiri disebabkan karena tingginya kadar kalsium di dalam urine. Tingginya kadar kalsium di dalam tubuh bisa berasal dari makanan yang mengandung vitamin D dan oksalat, seperti kopi, teh, cokelat, kacang kedelai, hati sapi dan tiram.
Batu Asam Urat
Sama seperti namanya, batu asam urat terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam urine yang disebabkan oleh makanan kaya purin seperti daging kambing, jeroan dan kerang. Selain dapat menyebabkan batu ginjal, makanan tersebut juga dapat menyebabkan rematik.
Batu Struvit
Penyebab utama dari batu ini adalah asanya infeksi saluran kemih yang tidak segera diobati.
Batu Sistin
Batu sistin merupakan jenis batu ginjal yang sangat jarang ditemukan. Batu ginjal ini terbentuk karena terlalu banyak mengonsumsi asam amino sistin.
Nah itulah beberapa penyebab batu ginjal pada tubuh manusia. Untuk mengobatinya sebenarnya banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan. Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, berikut adalah beberapa gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai.
Gejala Batu Ginjal
Jika batu ginjal masih berada di dalam ginjal, biasanya penderita belum merasakan sakit. Selain itu, gejala juga tidak akan terasa jika batu ginjal masih berukuran kecil. Hal ini dikarenakan ukuran batu ginjal yang masih kecil dapat keluar dari tubuh melalui ureter dengan mudah.
Gejala batu ginjal akan baru terasa jika batu tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dari diameter saluran ureter itu sendiri. Batu ginjal yang sudah membesar seringkali akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga dapat menyebabkan luka dan iritasi. Sehingga seorang penderita batu ginjal terkadang akan mengalami air seni yang mengandung darah.
Gejala batu ginjal paling umum yang sering dialami oleh para penderitanya antara lain nyeri pada pinggang, selangkangan dan perut bagian bawah.
Mengurangi Mengonsumsi Daging
Kandungan protein yang terdapat dalam hewani sangat ganas sekali khususnya banyak memberikan peluang yang cukup besar dalam terbentuknya batu ginjal. Maka dari itu sangat disarankan untuk dapat mengurangi mengonsumsi daging yang banyak mengandung protein hewani yang dapat mencegah terjadinya batu ginjal.
Memperbanyak Minum Air Putih
Seperti yang dijelaskan faktor terjadinya batu ginjal salah satunya adalah dehidrasi. Maka untuk mengatasi atau mengobatinya adalah dengan cara memperbanyak minum air putih. Para peneliti mangatakan bahwa dengan rajin mengonsumsi air minimal 1-2 liter setiap hari maka akan mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal. Dimana air putih tersebut membantu menghancurkan batu ginjal yang terdapat pada urin (saluran kemih).
Mengonsumsi Suplemen yang Mengandung Pridoxine dan Magnesium
Sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini memang sangat baik jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal itu supaya dalam pemakaian dosis dapat secara tepat. Karena suplemen ini sangat bermanfaat untuk mengurangi oksalat dan garam mineral yang berada di batu ginjal.
Advertisement advertise here

2 $type={blogger}

avatar

Thanks for sharing this amazing and helpful post about Gejala Batu Ginjal.

avatar

great article very informative keep sharing. please visit my website- https://www.ansnetwork.in/posts/


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search