Minggu, 22 Januari 2017

Penyebab Batuk Darah dan Cara Mengatasinya dan Mengobati

Batuk merupakan penyakit yang umum terjadi dan dialami oleh setiap orang. Penyakit batuk itu sendiri merupakan sebuah gejala responsif dari tubuh karena terdapat benda asing yang masuk dalam saluran pernapasan. Biasanya batuk sering disertai dengan dahak yang keluar dari mulut. Tapi jika dahak tersebut  disertai dengan darah, tentu saja hal ini sangat berbahaya.
Kondisi yang satu ini sering disebut dengan batuk darah atau hemoptisis. Batuk darah ini bisa timbul karena disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu di dalam tubuh seseorang. Namun kebanyakan masyarakat memahami batuk darah tersebut karena terinfeksi TBC. Padahal masih banyak hal yang dapat menjadi penyebab batuk darah.
Batuk darah yang terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan kondisi yang sangat fatal. Dimana penyakit ini dapat mempengaruhi kesehatan organ jantung dan paru-paru. Dalam sebuah studi ilmu pengetahuan penyebab dari  batuk darah diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan. Nah untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini!



Inilah Penyebab Batuk Darah Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Infeksi
Penyebab dari batuk darah yang pertama adalah karena disebakan adanya infeksi yang terdapat di dalam tubuh terutama pada bagian organ saluran pernapasan. Infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan inilah yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit diantaranya bronchitis, TBC, pneumonia dan masih banyak lagi. Untuk proses penyembuhan batuk berdarah yang disebabkan oleh infeksi kemungkinan lebih cepat, namun jika sudah menjadi sebuah penyakit lainnya maka penyembuhannya lebih membutuhkan waktu yang relatif lama.
Radang Paru-paru
Selain disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernapasan, batuk darah juga dapat disebabkan oleh penyakit radang paru-paru. Radang paru-paru ini terjadi karena disebakan oleh kuman TBC. Penyakit jenis ini secara umum lebih menunjukkan gejala seperti mengalami batuk darah.
Kelainan Pembuluh Darah
Penyebab selanjutnya adalah karena adanya kelainan pembuluh darah. Terutama pada pembuluh darah yang terdapat di dalam paru-paru. Hal ini dikarenakan pembuluh darah pada paru-paru berfungsi untuk mengalirkan darah diseluruh tubuh, dan jika terdapat gangguan maka akan menunjukkan gejala seperti batuk darah.
Iritasi Tenggorokan
Batuk berdarah yang Anda alami juga dapat disebabkan karena iritasi tenggorokan. Iritasi pada tenggorokan sendiri dapat disebabkan karena rasa gatal dan batuk yang tak kunjung sembuh. Akibatnya hal ini dapat membuat tenggorokan menjadi teriritasi. Jika tenggorokan teriritasi tentu saja dapat menyebabkan batuk darah.
Kanker Paru-Paru
Penyebab batuk darah berikutnya adalah karena kanker paru-paru. Jika batuk berdarah yang Anda alami tak kunjung sembuh, sebaiknya lakukanlah tes rontgent untuk mengetahui kondisi paru-paru Anda. Hal ini karena batuk darah juga dapat mengindikasikan seseorang terkena penyakit kanker paru-paru.
Cara Mengatasi Batuk Darah
Embolisasi
Pencegahan batuk darah yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara embolisasi. Emboisasi ini dilakukan untuk menghentikan pendarahan yang terdapat di dalam paru-paru dan aliran pembuluh darah. Adapun caranya dengan cara penyuntikan zat tertentu yang pastinya sudah sesuai dengan resep dokter di dalam pembuluh darah arteri.
Bronkoskopi
Pencegahan yang kedua dapat dilakukan dengan cara bronkoskopi atau penyumbatan. Caranya dokter akan melihat sumber dari pendarahan, setelah ditemukan maka akan langsung dilakukan penanganan dengan cara penyumbatan atau bronkoskopi.
Ramuan Tradisional
Cara pencegahan yang terakhir adalah dengan menggunakan ramuan tradisional. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa ramuan tradisional yang ampuh untuk mencegah batuk darah.
1.Bunga sepatu
Yang pertama adalah dengan menggunakan bunga sepatu. Masyarakat percaya bahwa jenis tanaman ini memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu mencegah batuk darah. Caranya,  ambillah 2 kuntum bunga sepatu yang belum mekar, cuci hingga bersih lalu remas-remas dan masukkan ke dalam panci. Setelah itu tambahkan dua gelas air untuk merebus bunga sepatu. Ketika sudah mendidih matikan kompor dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, saring dan tambahkan madu sebagai perasa.
2. Kunir dan Kencur
Hingga saat ini kunir dan kencur memang sudah dikenal sebagai tanaman obat yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit. Tak terkecuali dengan penyakit batuk berdarah. Caranya bersihkan dan kupas kunir dan kencur lalu haluskan secara bersamaan.  Rebus hingga mendidih dan tambahkan gula jawa. Minumlah ramuan ini pada saat pagi dan juga sore hari.
3. Kayu Manis
Manfaat kayu manis tak hanya sebagai penyedap pada masakan saja, kandungan senyawa alami pada kayu manis juga sangat ampuh untuk mencegah batuk berdarah. Caranya pun tak sulit, rebus kayu manis hingga mendidih lalu campurkan dengan madu murni atau dengan gula jawa agar rasanya lebih nikmat. Setelah itu, saring air rebusan kayu manis tersebut dan minumlah secara teratur.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Berkunjung Batam • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top